Fitur Tersembunyi XRPL Terungkap: Inovasi Baru yang Bisa Mengguncang Dunia DeFi!

author:

Fitur Tersembunyi XRPL Terungkap: Inovasi Baru yang Bisa Mengguncang Dunia DeFi!

Dalam perkembangan terbaru dari dunia crypto, Neil Hartner, seorang insinyur senior di Ripple, telah mengungkapkan salah satu fitur tersembunyi dari XRP Ledger (XRPL) yang berpotensi mengubah lanskap keuangan desentralisasi (DeFi).

Fitur Likuiditas XRPL yang Luar Biasa

fitur xrpl
Sumber: Twitter

Pada sebuah cuitan pada 16 September 2023, Hartner menjelaskan bahwa di XRPL, masih memungkinkan untuk menyediakan likuiditas untuk token yang dibatasi yang berada di XRPL. Dengan token yang dibatasi, ia mengacu pada mata uang digital yang memerlukan trustline untuk mengotorisasi penggunaannya.

Baca juga: XRPL Sambut Fitur Baru: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Fitur ini membuat Automated Market Maker (AMM) XRPL menjadi lebih fleksibel dibandingkan entitas lain di industri saat ini.

Tidak hanya itu, Hartner juga menekankan kemampuan rebalancing likuiditas luar biasa dari XRPL, menggambarkannya sebagai jaringan kontrak pintar yang dapat melayani pengguna dengan berbagai minat investasi.

Deposit Satu Sisi: Revolusi dalam DeFi

Fitur utama yang ditemukan oleh Hartner adalah konsep deposit satu sisi dalam AMM XRPL. Inovasi ini memungkinkan pengguna untuk memberikan likuiditas ke kolam meskipun mereka tidak dapat memegang salah satu aset yang diperlukan untuk kolam tertentu karena akses yang dibatasi.

Nik Bougalis, mantan direktur teknik di Ripple, juga mengungkapkan bahwa deposit satu sisi adalah fitur yang ia dukung sejak tahap awal pengembangan.

Hartner menjelaskan bahwa deposit satu sisi tidak memerlukan penjualan aset. Sebaliknya, mereka mengubah rasio aset kolam dan kurs efektif.

Baca juga: David Schwartz dari Ripple Mengungkapkan Gambaran Masa Depan untuk XRPL, Apa Saja?

Dampak dan Potensi Fitur Baru

Dengan fitur ini, XRPL menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk berpartisipasi dalam DeFi tanpa kebutuhan trustline yang kompleks.

Fitur ini tidak terbatas hanya pada kolam XRP; fitur ini berlaku untuk kolam mana pun di mana pengguna memiliki salah satu aset yang terlibat. Kemampuan baru ini menunjukkan potensi XRPL untuk terus berinovasi dan memimpin dalam dunia DeFi.

Pada akhirnya, penemuan Neil Hartner mengenai XRPL menunjukkan potensi besar dari ledger ini dalam mendefinisikan ulang cara kita melihat dan berinteraksi dengan DeFi. Dengan fitur-fitur inovatif seperti deposit satu sisi, masa depan DeFi tampaknya akan lebih inklusif dan dinamis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: