First Trust Ajukan ETF Bitcoin dengan Proteksi Risiko kepada SEC!

author:

First Trust Ajukan ETF Bitcoin dengan Proteksi Risiko kepada SEC!

Inovasi terkini di pasar keuangan telah hadir melalui langkah berani First Trust yang mengajukan ETF Bitcoin dengan proteksi risiko ke SEC. Produk ini dirancang untuk memberikan kamu kesempatan berinvestasi di Bitcoin dengan risiko yang lebih terkelola.

Dengan strategi yang unik, ETF dari First Trust menjanjikan cara baru bagi investor untuk terlibat dalam pasar crypto yang dinamis.

ETF Bitcoin dengan ‘Buffer’: Apa dan Bagaimana?

first trust bitcoin etf
Sumber: Coin Screed

First Trust, manajer aset terkemuka, telah mengajukan proposal kepada SEC untuk meluncurkan ETF Bitcoin yang tidak seperti yang lain. ETF ini, yang diberi nama First Trust Bitcoin Buffer ETF, bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap penurunan harga Bitcoin.

Baca juga: Ekosistem Bitcoin Bangkit dengan Inovasi Memecoin dan Protokol Baru!

First Trust Bitcoin Buffer ETF akan mengikuti kinerja Grayscale Bitcoin Trust atau produk yang serupa, sebelum biaya dan pengeluaran. ETF jenis buffer ini menggunakan opsi untuk menetapkan hasil investasi yang spesifik.

Dengan demikian, First Trust Bitcoin Buffer ETF dirancang untuk melindungi investor dari kerugian akibat penurunan pasar dengan menetapkan batas atas pada pertumbuhan saham selama periode tertentu. Ini merupakan langkah inovatif yang menawarkan eksposur terhadap Bitcoin dengan pendekatan yang lebih terstruktur dan terdefinisi.

Antisipasi Pasar dan Analisis Ahli

James Seyffart, analis ETF dari Bloomberg, telah memberikan komentarnya mengenai produk baru ini. Dia menyatakan bahwa ETF semacam ini memberikan perlindungan terhadap persentase kerugian yang telah ditentukan dengan pertumbuhan yang dibatasi. Seyffart juga memprediksi bahwa akan ada lebih banyak produk serupa yang memasuki pasar dalam beberapa minggu mendatang.

first trust bitcoin etf
Sumber: X

Saat ini, terdapat 139 ETF buffer yang diperdagangkan di pasar AS dengan total aset yang dikelola mencapai $32,54 miliar. ETF buffer ini mencakup berbagai kelas aset, termasuk ekuitas, komoditas, dan pendapatan tetap. Produk-produk baru seperti iShares Large Cap Moderate Buffer ETF dan iShares Large Cap Deep Buffer ETF dari BlackRock telah menunjukkan pertumbuhan sejak diluncurkan.

Baca juga: Keuntungan Melonjak, Ini Deretan ETF Blockchain Terbaik 2023!

Peringatan untuk Investor

Meskipun ETF buffer menawarkan perlindungan terhadap penurunan, tidak ada jaminan bahwa investasi akan sepenuhnya aman. First Trust dalam pengajuannya menekankan bahwa investasi di ETF ini masih memiliki risiko dan mungkin tidak cocok untuk semua investor. ETF ini tidak menawarkan perlindungan prinsipal atau non-prinsipal, yang berarti kamu masih bisa kehilangan seluruh investasi.

Jay Jacobs, pakar ETF dari BlackRock, menulis bahwa strategi untuk memberikan perlindungan terhadap kerugian ETF yang mendasarinya tidak dapat dijamin keberhasilannya. Oleh karena itu, penting bagi investor untuk memahami sepenuhnya karakteristik dan risiko produk sebelum berinvestasi.

Dengan munculnya First Trust Bitcoin Buffer ETF, peluang bagi masyarakat untuk terjun ke dunia crypto dengan risiko yang lebih terkendali semakin terbuka. Meskipun demikian, penting untuk selalu waspada dan memahami sepenuhnya risiko yang terlibat sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: