Fidelity Tawarkan Biaya ETF Bitcoin Paling Rendah di Pasar yakni 0,39%!

Fidelity Tawarkan Biaya ETF Bitcoin Paling Rendah di Pasar yakni 0,39%!

Dalam persaingan ketat pasar ETF Bitcoin, Fidelity mengejutkan dengan menetapkan biaya yang sangat kompetitif. Dengan tarif hanya 0,39%, Fidelity berpotensi mengguncang dinamika pasar ETF Bitcoin yang sedang menunggu lampu hijau dari SEC. Apakah ini akan menjadi pintu masuk bagi investor tradisional ke dalam dunia crypto yang fluktuatif?

Perang Tarif di Pasar ETF Bitcoin

perang tarif pasar bitcoin
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Fidelity telah memasang tarif yang tidak terduga untuk ETF Bitcoin spot mereka, hanya sebesar 0,39%, yang jauh lebih rendah dibandingkan pesaingnya. ARK dan 21Shares serta Valkyrie, misalnya, menawarkan tarif sebesar 0,8% menurut pernyataan pendaftaran terbaru mereka.

Invesco, bekerja sama dengan Galaxy Digital, menetapkan rasio biaya sebesar 0,59%. Namun, mereka memberikan pengecualian biaya selama enam bulan pertama untuk $5 miliar aset pertama. BlackRock, Bitwise, dan WisdomTree juga telah mengajukan pernyataan pendaftaran terbaru mereka, namun belum mengungkapkan rasio biaya yang akan dikenakan.

Baca Juga: Bitcoin Anniversary: 15 Tahun Revolusi Keuangan yang Guncang Dunia!

Pilihan Authorized Participant dan Pendanaan Awal

Jane Street menjadi pilihan populer bagi banyak pendaftar ETF sebagai Authorized Participant (AP). Fidelity dan WisdomTree menunjuk Jane Street sebagai AP tunggal mereka, sementara BlackRock akan bekerja sama dengan Jane Street dan JPMorgan Securities.

Valkyrie memilih Jane Street dan Cantor Fitzgerald, sedangkan Invesco/Galaxy akan berkolaborasi dengan JPMorgan Securities dan Virtu. Bitwise telah mengamankan dana awal terbesar untuk dana mereka, dengan AP yang tidak disebutkan namanya menunjukkan minat untuk mengalokasikan hingga $200 juta, meskipun tanpa komitmen mengikat.

Baca Juga: Market Merah, Ada Apa dengan Crypto Hari Ini (4/1/24)? Simak 3 Faktor Utamanya!

Spekulasi dan Dampak Penundaan ETF Bitcoin

Spekulasi mengenai penundaan persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC telah menyebabkan penurunan harga Bitcoin hingga 8%, dengan harga terendah menyentuh $40.000.

Matrixport, dalam laporan mereka, memprediksi penolakan aplikasi ETF Bitcoin spot oleh SEC pada bulan ini. Jika SEC memang menolak aplikasi tersebut, diperkirakan harga Bitcoin bisa turun hingga 20%. Namun, masih ada harapan positif untuk harga Bitcoin di akhir tahun 2024, menurut Matrixport.

Kesimpulan

Pertarungan tarif ETF Bitcoin di pasar Amerika Serikat semakin memanas dengan langkah berani Fidelity. Keputusan SEC yang akan datang bisa menjadi momen krusial bagi masa depan investasi crypto. Apakah kamu sudah siap untuk menyambut era baru ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: