Apakah Fidelity Akan Mengubah Lanskap Investasi Crypto dengan ETF Bitcoin?

Apakah Fidelity Akan Mengubah Lanskap Investasi Crypto dengan ETF Bitcoin?

Kabar terbaru datang dari raksasa manajemen aset Fidelity yang telah mengadakan pertemuan dengan SEC terkait ETF Bitcoin spot. Pertemuan ini menandakan langkah besar dalam dunia investasi crypto, yang mungkin akan mengubah cara kamu berinvestasi di masa depan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fidelity dan SEC: Pertemuan Penting

Fidelity baru-baru ini mengadakan pertemuan dengan Securities and Exchange Commission (SEC) untuk membahas ETF Bitcoin spot yang diusulkan. Dalam pertemuan tersebut, Fidelity menyampaikan presentasi yang menjelaskan model pembuatan dan penebusan “In-Kind”. Presentasi tersebut menekankan pentingnya memungkinkan pembuatan dan penebusan fisik untuk meningkatkan efisiensi perdagangan dan penetapan harga di pasar sekunder.

Pertemuan ini terjadi di tengah lonjakan harga Bitcoin, yang dipicu oleh antisipasi pasar terhadap keputusan SEC. Regulator dan manajer aset tampaknya fokus pada aspek teknis dari cara kerja dana yang diusulkan, jika disetujui.

Analis Bloomberg Intelligence, James Seyffart, menyoroti bahwa amandemen terbaru pada pengajuan ETF menunjukkan bahwa opsi pembuatan dan penebusan tunai mungkin tetap ada, namun SEC mungkin hanya mengizinkan penebusan tunai di awal.

Baca Juga: Fidelity Bertemu dengan SEC untuk Membahas Spot Bitcoin ETF!

ETF Bitcoin Spot Fidelity: Langkah Menuju Persetujuan

fidelity bertemu sec

Fidelity telah mencatatkan ETF Bitcoin spot mereka di Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC) dengan ticker FBTC. Langkah ini diawasi ketat oleh SEC, yang hingga saat ini masih berhati-hati dalam menyetujui ETF Bitcoin spot.

Dengan jendela persetujuan yang terbuka pada awal Januari 2024, pasar crypto sangat antusias dengan kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot. Direktur global macro Fidelity, Jurrien Timmer, berpendapat bahwa kepemilikan Bitcoin dalam jumlah kecil dalam berbagai investasi dapat sangat membantu. Ini terutama relevan dengan harapan persetujuan ETF Bitcoin spot.

Analis Bloomberg, Eric Balchunas, menyoroti bahwa Fidelity telah mengungkapkan ticker mereka, FBTC, yang menargetkan investor tradisional. Dengan semua ticker yang hampir siap, pasar menantikan pengungkapan biaya yang akan menjadi faktor penting dalam persaingan ETF.

Baca Juga: Bitcoin: Pembeda Utama di Ekonomi Crypto Menurut Laporan Fidelity Digital Assets

Kritik dan Spekulasi di Sekitar Bitcoin

Meskipun ada antisipasi tinggi terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot, minggu ini juga diwarnai dengan komentar negatif terhadap Bitcoin dan aset digital lainnya. Senator Elizabeth Warren menyoroti kritik terhadap crypto dalam penampilannya di CNBC Squawk Box, mengaitkannya dengan pembiayaan terorisme dan perdagangan narkoba.

Sementara itu, CEO JPMorgan, Jamie Dimon, juga menyatakan bahwa sektor crypto harus ditutup karena anonimitas dan penyelesaian instan yang ditawarkan oleh Bitcoin dan mata uang digital lainnya.

Dengan berbagai dinamika yang terjadi, baik dari sisi regulator maupun pasar, ETF Bitcoin spot Fidelity mungkin akan menjadi titik balik dalam sejarah investasi crypto. Apakah kamu siap untuk menjadi bagian dari revolusi investasi ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: