Terungkap! ETF Bitcoin Spot dari Fidelity Hadir di DTCC, Apakah Ini Awal Bull Run?

author:

Terungkap! ETF Bitcoin Spot dari Fidelity Hadir di DTCC, Apakah Ini Awal Bull Run?

Fidelity Investments, salah satu pemain utama di dunia keuangan, baru-baru ini mencapai tonggak penting dalam lanskap cryptocurrency yang dinamis dengan berhasil menempatkan Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot mereka di Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC).

Fidelity Spot Bitcoin ETF Terdaftar di DTCC

ETF Bitcoin spot Fidelity, yang dikenal dengan simbol ticker FBTC, kini terdaftar di DTCC. Ini merupakan langkah signifikan bagi perusahaan dalam perlombaan untuk mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat.

Baca juga: Minat Terbuka Bitcoin Futures di CME Sentuh Angka Fantastis $5 Miliar!

fidelty etf bitcoin
Sumber: DNCC

Menurut data DTCC, penempatan ETF ini menunjukkan bahwa persetujuan dari U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) untuk ETF Bitcoin spot hampir tiba. Kehadiran ETF ini di DTCC, yang berperan dalam membersihkan transaksi, memberikan layanan pascaperdagangan, penyelesaian, penyimpanan, dan informasi untuk saham, ETF, dan produk lainnya, menurut NASDAQ, menandakan penerimaan institusional digital asset yang berkembang.

Kondisi Pasar dan Lingkungan Regulasi

Waktu Fidelity dalam mencantumkan ETF Bitcoin spot mereka bertepatan dengan periode minat yang meningkat pada ETF semacam itu. Selain itu, didorong oleh lonjakan harga Bitcoin yang luar biasa. Investor dan pengamat industri dengan penuh antisipasi menunggu keputusan SEC terhadap berbagai aplikasi ETF.

Keputusan SEC ini termasuk Ark 21Shares Bitcoin ETF (ARKB). Batas waktu persetujuan akhir untuk aplikasi ini, termasuk Fidelity, dijadwalkan pada 10 Januari 2024.

Selain itu, sentimen yang berlaku di pasar cenderung menuju hasil yang positif, mencerminkan penerimaan cryptocurrency yang berkembang dalam keuangan arus utama.

Baca juga: Harga Bitoin (BTC) Mendekati $44,000! Apakah Ini Awal dari Kenaikan Spektakuler?

Wawasan tentang Perkembangan Regulasi

Lanskap regulasi seputar ETF cryptocurrency telah dinamis, dengan perintah pengadilan baru-baru ini memengaruhi proses pengambilan keputusan. Dalam kasus Grayscale vs. SEC, Komisi telah diinstruksikan untuk mempercepat persetujuan aplikasi ETF. Batas waktu persetujuan untuk aplikasi ini jatuh dalam periode kritis, yang berlangsung dari 5 hingga 10 Januari 2024.

Arahan hukum ini menandakan langkah menuju penerimaan aset digital dalam kerangka kerja regulasi. Ini berpotensi membuka jalan bagi partisipasi institusional yang lebih besar di pasar crypto.

Meskipun banyak yang memuji pencantuman ETF Bitcoin spot Fidelity sebagai perkembangan positif, ada sekelompok kritikus yang menyatakan keberatan terhadap kendaraan investasi ini. Industri crypto saat ini memiliki 13 penerbit potensial.

Beberapa bertujuan untuk mengonversi trust yang ada atau menyesuaikan strategi untuk ETF Bitcoin mereka. Secara khusus, penerbit ini adalah peserta berpengalaman di dunia crypto, telah meluncurkan produk terkait dengan Bitcoin atau Ether futures, serta ETF industri crypto yang lebih luas.

Secara keseluruhan, penempatan ETF Bitcoin spot Fidelity di DTCC menandai langkah penting dalam evolusi keuangan digital. Ini tidak hanya menunjukkan kemajuan dalam penerimaan cryptocurrency di sektor keuangan tradisional, tetapi juga membuka peluang baru bagi investor untuk terlibat dalam pasar crypto yang berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: