Federal Reserve Hentikan Kenaikan Suku Bunga: Dampak Terhadap Bitcoin dan Ekonomi AS

Federal Reserve Hentikan Kenaikan Suku Bunga: Dampak Terhadap Bitcoin dan Ekonomi AS

Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat, diperkirakan akan menahan diri dari kenaikan suku bunga dalam pertemuan mendatang.

Keputusan ini diambil di tengah-tengah ketidakpastian ekonomi dan dampaknya terhadap pasar kripto, khususnya Bitcoin, menjadi perhatian utama.

Prediksi Pasar Terhadap Keputusan Federal Reserve

Menurut data dari CME Group, pasar memperkirakan hanya ada peluang 1% untuk kenaikan suku bunga ke-12 sejak Maret 2022.

Meskipun demikian, pertemuan Fed minggu ini akan memberikan pembaruan kuartalan mengenai perkiraan untuk berbagai indikator kunci, termasuk suku bunga, produk domestik bruto, inflasi, dan pengangguran.

Baca Juga: Menjelang Rapat FOMC, Volatilitas Bitcoin Meningkat! Gimana Dampaknya ke Pasar Crypto?

Roger Ferguson, mantan wakil ketua Fed, menekankan bahwa Fed harus berhati-hati dalam langkah selanjutnya dan mempertimbangkan kemungkinan kenaikan suku bunga di masa depan jika diperlukan.

Dampak Keputusan Suku Bunga Terhadap Bitcoin

Bitcoin FOMC
CoinGape

Dalam episode “The Market Report”, analis Marcel Pechman membahas kekuatan Bitcoin menjelang pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) Federal Reserve, dengan investor berharap adanya pembekuan suku bunga.

Pechman mengekspresikan keraguan bahwa data inflasi terbaru menunjukkan target 2% Federal Reserve telah tercapai, mengutip waktu yang diperlukan untuk perubahan suku bunga mempengaruhi inflasi.

Meskipun ada penurunan pasokan Bitcoin di bursa yang dianggap sebagai sinyal bullish, Pechman tidak sepakat bahwa hal ini saja yang bertanggung jawab atas lonjakan harga Bitcoin.

Dampak Kenaikan Suku Bunga Terhadap Konsumen dan Pasar

Meskipun Federal Reserve mungkin menahan kenaikan suku bunga, konsumen mungkin tidak merasa ada perbedaan. Bank sentral telah meningkatkan suku bunga sebanyak 11 kali sejak tahun lalu.

Baca Juga: The FED Naikkan Suku Bunga Hingga 4,5%, Ini Dampak FOMC Pada Harga Crypto!

Suku bunga kredit rata-rata saat ini lebih dari 20%, sementara suku bunga hipotek tetap untuk 30 tahun tetap di atas 7%.

Meskipun suku bunga pinjaman otomatis tetap, pembayaran menjadi lebih besar karena harga semua mobil meningkat bersama dengan suku bunga pinjaman baru.

Paragraf Penutup

Keputusan Federal Reserve atau Fed untuk menahan atau melanjutkan kenaikan suku bunga memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi dan pasar crypto.

Dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi keputusan ini, pasar dan investor harus tetap waspada terhadap perkembangan selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: