Federal Reserve AS Tingkatkan Pengawasan Bank Terhadap Aktivitas Crypto, Apa Dampaknya?

Federal Reserve AS Tingkatkan Pengawasan Bank Terhadap Aktivitas Crypto, Apa Dampaknya?

Federal Reserve AS memperluas program pengawasannya terhadap bank-bank AS yang terlibat dalam industri crypto dan blockchain. Dengan langkah ini, Fed berupaya untuk memastikan keamanan dan ketahanan sistem perbankan di tengah inovasi keuangan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Program Pengawasan Aktivitas Baru

program pengawasan aktivitas the fed
Sumber: Akun Twitter Federal Reserve

Dilansir dari Cointelegraph, pada tanggal 8 Agustus 2023, Dewan Federal Reserve mengumumkan Program Pengawasan Aktivitas Baru yang bertujuan untuk membatasi aktivitas tertentu yang terkait dengan crypto dan memastikan kesetaraan bagi bank yang melayani industri aset digital.

Program ini melibatkan berbagai aktivitas, termasuk penyimpanan, peminjaman, perdagangan, penerbitan, atau distribusi crypto, termasuk stablecoin.

Baca Juga: Menuju Stabilitas Ekonomi, Gubernur Fed Beri Petunjuk Kenaikan Suku Bunga Berikutnya!

Ketentuan untuk Bank Anggota Sistem Federal Reserve

Bank negara yang menjadi anggota sistem Federal Reserve harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Fed sebelum mengeluarkan, menyimpan, atau bertransaksi dalam token dolar yang digunakan untuk memfasilitasi pembayaran, seperti stablecoin.

Untuk mendapatkan persetujuan tersebut, bank harus menunjukkan manajemen risiko yang tepat, termasuk memiliki sistem untuk mengidentifikasi dan memantau potensi risiko, termasuk ancaman keamanan siber dan keuangan ilegal.

Baca Juga: Pemangkasan Suku Bunga Fed Bisa Dorong Kenaikan Bitcoin dan Ethereum, Prediksi CEO Galaxy Digital

Pengawasan yang Ditingkatkan Terhadap Aktivitas Teknologi

pengawasan oleh the fed terhadap industri crypto
Sumber: The Street

Selain pengawasan terhadap stablecoin, Fed juga menciptakan program pengawasan baru untuk mengawasi aktivitas bank yang berhubungan dengan crypto, teknologi blockchain, dan kemitraan non-bank yang didorong oleh teknologi.

Langkah ini diambil untuk melengkapi proses pengawasan yang ada dan memperkuat pengawasan terhadap aktivitas yang didorong oleh teknologi.

Dengan meningkatnya pengawasan dari Federal Reserve, industri crypto mungkin akan melihat perubahan dalam cara mereka beroperasi dan berinteraksi dengan bank tradisional. Langkah-langkah ini menunjukkan keinginan regulator untuk memastikan bahwa inovasi di industri crypto tidak mengganggu stabilitas keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: