Pemotongan Suku Bunga Federal Reserve 2024 ‘Katalis Sempurna’ untuk Halving Bitcoin!

author:

Pemotongan Suku Bunga Federal Reserve 2024 ‘Katalis Sempurna’ untuk Halving Bitcoin!

Kabar terbaru dari sektor keuangan Amerika Serikat menunjukkan bahwa pemangkasan suku bunga Federal Reserve (The Fed) bisa menjadi katalis sempurna bagi lonjakan harga Bitcoin menjelang pemotongan hadiah blok, atau yang dikenal sebagai Bitcoin halving, pada tahun 2024.

Analisis ini muncul seiring dengan prediksi Goldman Sachs yang mengindikasikan bahwa The Fed mungkin akan memangkas suku bunga sebanyak dua kali dalam dua tahun ke depan.

Pemangkasan Suku Bunga The Fed dan Dampaknya

studi goldman sachs
Sumber: Coin Culture

Goldman Sachs, bank investasi terbesar kedua di dunia, memperkirakan bahwa The Fed dapat memulai pemangkasan suku bunga sejak kuartal ketiga tahun 2024. Hal ini didorong oleh inflasi yang mulai mereda, menurut laporan Reuters tanggal 11 Desember 2023.

Baca juga: Apakah The Fed Akan Pangkas Suku Bunga? Ini Prediksinya untuk 2024!

Suku bunga yang lebih rendah diharapkan dapat meningkatkan selera risiko investor, termasuk di pasar crypto. Data terkini menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja AS lebih kuat dari perkiraan, dengan tingkat pengangguran turun menjadi 3,7% dari sebelumnya 3,9% pada Oktober.

Meskipun demikian, para trader meyakini bahwa The Fed tidak akan ragu untuk memangkas suku bunga. Mereka bahkan memprediksi pemangkasan pertama bisa terjadi pada kuartal pertama tahun 2024, lebih awal dari prediksi Goldman Sachs.

“Pertumbuhan yang sehat dan data pasar tenaga kerja menunjukkan bahwa pemangkasan asuransi tidak akan terjadi dalam waktu dekat… Namun, berita inflasi yang lebih baik menunjukkan bahwa pemangkasan normalisasi dapat terjadi lebih awal.”

Perubahan Suku Bunga dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Crypto

Saat The Fed menurunkan suku bunga, biaya pinjaman menjadi lebih murah, yang mendorong peningkatan kegiatan berisiko di pasar keuangan, termasuk pasar crypto. Sebaliknya, kenaikan suku bunga biasanya bertujuan untuk mengendalikan inflasi dan mengurangi daya beli mata uang fiat, yang dapat mengurangi aliran modal ke pasar crypto.

Ketika suku bunga diturunkan, pasar menjadi lebih toleran terhadap risiko dan dana mulai mengalir kembali ke pasar saham dan crypto dari kelas aset yang kurang volatil. The Fed sendiri telah mulai menaikkan suku bunga sejak Maret 2022 untuk mengatasi inflasi, dari sebelumnya 0%–0,25%, dengan kenaikan terakhir pada Juli.

Namun, dengan pemangkasan suku bunga yang diharapkan pada tahun 2024 dan peristiwa Bitcoin halving yang dijadwalkan pada April, keduanya bisa menjadi katalis untuk reli harga pasca-halving.

Baca juga: Apple dan Goldman Sachs: Rencana Besar Trading Saham yang Hampir Terwujud!

Prospek Bitcoin Halving dan Kebijakan The Fed

qt dan halving bitcoin

Bitcoin halving adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali, di mana hadiah blok untuk penambang Bitcoin dipotong menjadi setengah. Hal ini seringkali memicu kenaikan harga Bitcoin karena penurunan pasokan baru.

Dengan pemangkasan suku bunga oleh The Fed yang diharapkan terjadi sebelum halving, ini bisa menjadi kombinasi yang sempurna untuk mendorong harga Bitcoin naik. Pasar crypto yang telah mengalami banyak turbulensi mungkin akan mendapatkan dorongan positif dari kebijakan moneter yang lebih longgar.

Investor yang mencari aset dengan potensi imbal hasil tinggi mungkin akan beralih ke Bitcoin dan aset crypto lainnya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan permintaan dan harga.

Dengan prediksi pemangkasan suku bunga oleh The Fed dan peristiwa Bitcoin halving yang akan datang, tahun 2024 mungkin menjadi tahun yang menarik bagi pasar crypto. Kamu sebagai investor mungkin ingin memperhatikan perkembangan ini, karena bisa jadi peluang emas untuk investasi crypto kamu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: