Terobosan Baru! Teknologi Metaverse Kini Dapat Menggunakan Frekuensi 6GHz!

Terobosan Baru! Teknologi Metaverse Kini Dapat Menggunakan Frekuensi 6GHz!

Teknologi Metaverse mendapatkan lampu hijau dari regulator komunikasi Amerika Serikat, Federal Communications Commission (FCC). Dalam rilis pers terbaru, FCC mengumumkan bahwa teknologi wearable berdaya rendah, termasuk perangkat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang menjadi bagian penting dari Metaverse, kini diizinkan untuk menggunakan frekuensi 6 gigahertz (GHz). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perubahan Aturan FCC

perubahan aturan fcc
Sumber: Akun X The FCC

FCC membuka frekuensi 6 GHz untuk “perangkat berdaya sangat rendah” tanpa memerlukan lisensi, memungkinkan total 850 megahertz dari spektrum. Frekuensi ini menawarkan kecepatan yang lebih cepat, bandwidth yang lebih luas, dan latensi yang lebih rendah. FCC mengklaim bahwa frekuensi 6 GHz ini penting untuk operasi Wi-Fi generasi berikutnya dan pertama kali dibuka untuk beberapa perangkat pada akhir 2020.

Keputusan FCC ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman konsumen dan memperkuat ekonomi negara. Perusahaan teknologi besar seperti Meta, Apple, dan Google telah bekerja pada wearable AR atau VR. Meta baru-baru ini merilis Quest 3 pada awal Oktober, sementara Apple diharapkan akan mengirimkan Vision Pro pada awal 2024.

Baca Juga: Widih! Pasar Metaverse Diprediksi akan Mencapai $4 Triliun pada tahun 2032

Manfaat dan Penggunaan Frekuensi 6 GHz

penggunaan frekuensi 6 ghz metaverse
Sumber: Medium

Frekuensi 6 GHz ini dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat AR/VR ke smartphone atau berbagi data navigasi dengan kendaraan. FCC menyatakan bahwa aturan baru ini hati-hati untuk membatasi perangkat yang diizinkan pada level daya yang sangat rendah dengan persyaratan lain yang akan memungkinkan operasi mereka di seluruh negeri sambil melindungi layanan berlisensi yang beroperasi pada band yang sama.

Frekuensi 6 GHz juga digunakan oleh layanan yang mengelola jaringan listrik AS, layanan telepon jarak jauh, dan backhaul. Oleh karena itu, pengawasan FCC sangat diperlukan untuk mencegah gangguan pada operasi berlisensi pada band yang sama.

Keputusan FCC ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam pengembangan teknologi Metaverse. Dengan akses ke frekuensi 6 GHz, perangkat wearable seperti kacamata AR dan VR dapat beroperasi dengan lebih efisien dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Ini juga membuka peluang baru bagi perusahaan teknologi untuk terus berinovasi dan menciptakan aplikasi dan layanan baru yang memanfaatkan frekuensi ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: