Kecepatan FCA dalam Menindak Pelanggaran di Sektor Crypto Dipertanyakan, Apa yang Terjadi?

Kecepatan FCA dalam Menindak Pelanggaran di Sektor Crypto Dipertanyakan, Apa yang Terjadi?

Apakah kamu tahu bahwa otoritas keuangan Inggris, Financial Conduct Authority (FCA), dilaporkan lamban dalam mengambil tindakan penegakan hukum? Laporan terbaru dari National Audit Office (NAO) menyoroti penanganan FCA terhadap perusahaan crypto yang bergerak lambat, bahkan ketika mereka memiliki kekuatan untuk bertindak.

Kritik Terhadap FCA

Menurut NAO, FCA membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengimplementasikan tindakan penegakan, meskipun memiliki wewenang yang cukup. Sebagai perbandingan, regulator di Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan penyelesaian senilai $4 miliar dengan Binance, sementara FCA Inggris bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih lambat.

Baca Juga: FCA Mengeluarkan 146 Peringatan dalam 24 Jam Pertama Penerapan Aturan Baru Pemasaran Crypto!

FCA telah mewajibkan perusahaan crypto untuk mendaftar guna mematuhi regulasi crypto anti pencucian uang sejak Januari 2020. Meskipun FCA mulai melakukan pengawasan dan berinteraksi dengan perusahaan yang tidak terdaftar, tindakan penegakan hukum terhadap operator ATM crypto ilegal baru dimulai pada Februari 2023.

Penanganan Kasus Crypto oleh FCA

rencana masa depan fca
Sumber: CNBC

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa FCA telah menangani sekitar 1.400 kasus yang berkaitan dengan aktivitas crypto yang tidak diatur dari Januari 2020 hingga Juni 2023. Meskipun ada penurunan aktivitas ATM crypto sebesar 68% pada tahun 2022, tidak semua penurunan tersebut dapat diatributkan kepada tindakan FCA.

FCA menghadapi tantangan dalam merekrut dan mempertahankan staf dengan keahlian kepatuhan crypto karena persaingan ketat di pasar tenaga kerja. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa FCA lambat dalam memproses aplikasi pendaftaran dari perusahaan crypto.

Pemberian Kekuatan Baru kepada FCA

Awal tahun ini, FCA menerima kekuatan tambahan atas sektor crypto dengan disahkannya Financial Services and Markets Bill. Undang-undang ini mengakui crypto dan stablecoin sebagai layanan keuangan yang diatur dan FCA telah mulai menggunakan kekuatan baru ini.

Dengan kekuatan baru ini, FCA diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan efektivitas tindakan penegakan hukumnya. Namun, masih harus dilihat apakah FCA akan dapat memenuhi ekspektasi dan meningkatkan kinerjanya dalam mengawasi industri crypto yang dinamis dan cepat berubah.

Paragraf Penutup

Kasus lambannya FCA dalam menindak pelanggaran di sektor crypto ini menjadi sorotan penting bagi industri keuangan. Dengan berkembangnya pasar crypto, tindakan regulator yang cepat dan tepat menjadi kunci untuk melindungi investor dan memastikan integritas pasar.

Baca Juga: Perubahan Besar: FCA Inggris Ketatkan Aturan Promosi Aset Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi