Gebrakan di Pasar Keuangan Inggris: FCA Longgarkan Kendali atas ETP Crypto!

author:

Gebrakan di Pasar Keuangan Inggris: FCA Longgarkan Kendali atas ETP Crypto!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan pasar keuangan Inggris, Otoritas Pengawas Keuangan (FCA) telah melonggarkan kendalinya atas produk bursa crypto, menarik minat para penyedia ETF crypto ke negeri ini.

Namun, ada satu syarat penting: FCA hanya mengizinkan investor profesional untuk terlibat dalam aktivitas perdagangan ini, meninggalkan investor ritel di luar kesempatan emas ini.

Keputusan FCA Memicu Antusiasme

fca wild west
Sumber: CNBC

Keputusan FCA untuk ‘tidak keberatan’ dengan permintaan dari bursa seperti Bursa Saham London dan Cboe UK untuk mencantumkan produk bursa yang didukung crypto seperti Bitcoin atau Ethereum telah memicu gelombang antusiasme.

Baca juga: Thailand Buka Pintu Investasi ETF Bitcoin Spot AS untuk Investor Terakreditasi!

Meski begitu, hanya lembaga keuangan seperti perusahaan investasi, lembaga kredit, dana pensiun, dan perusahaan asuransi yang diperbolehkan untuk membeli ETP crypto.

CoinShares, WisdomTree, dan VanEck termasuk di antara penyedia ETF crypto yang bergegas memanfaatkan peluang ini.

“Kami menantikan untuk berinteraksi dengan LSE mengenai peluang pencantuman baru dan untuk lebih memahami persyaratan mereka serta bagaimana produk kami dapat cocok,” ujar kepala produk CoinShares, Townsend Lansing.

Akses Lebih Mudah bagi Investor Profesional Inggris

WisdomTree menyatakan bahwa Bursa Saham London berpotensi menawarkan titik akses yang lebih mudah bagi investor profesional berbasis di Inggris yang ingin mendapatkan eksposur terhadap ETP crypto daripada bursa luar negeri.

“Kami saat ini sedang berinteraksi dengan FCA dan LSE untuk menjelajahi peluang ini lebih lanjut,” tambah penyedia ETF tersebut.

Sementara itu, manajer produk crypto VanEck, Menno Martens, mengklaim bahwa keputusan FCA merupakan ‘pengembangan positif’ dan bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan untuk mencantumkan ETN crypto mereka di Inggris. Ini menunjukkan langkah maju yang signifikan dalam penerimaan produk keuangan crypto di pasar Inggris.

Baca juga: Pemerintah Inggris Berencana Sahkan Undang-Undang Stablecoin dan Staking dalam 6 Bulan!

Larangan FCA terhadap Pembelian ETP Crypto oleh Investor Ritel Menuai Kritik

FCA sebelumnya menyatakan bahwa mereka terus menganggap ETN crypto dan derivatif crypto tidak cocok untuk konsumen ritel karena risiko yang ditimbulkannya.

Namun, investor ritel masih bebas untuk membeli cryptocurrency langsung di bursa, yang bertentangan dengan sikap regulator Inggris tersebut.

Townsend Lansing dari CoinShares menambahkan bahwa sangat disayangkan melihat disparitas FCA yang mengelilingi investor ritel di Inggris, sedangkan di bagian lain dunia seperti Amerika Serikat dan Eropa, investor dapat memanfaatkan produk terdaftar yang diatur dalam ruang aset digital.

Dengan langkah berani ini, Inggris tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin inovasi keuangan di Eropa tetapi juga membuka babak baru dalam cara investor profesional berinteraksi dengan crypto dalam kehidupan sehari-hari.

Keputusan FCA ini menjanjikan masa depan di mana produk keuangan crypto menjadi lebih inklusif dan dapat diakses oleh lembaga keuangan besar, meskipun masih meninggalkan pertanyaan tentang kapan investor ritel akan dapat berpartisipasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: PYMNTS