FBI Peringatkan Ancaman dari Penipu yang Menyamar Sebagai Pengembang NFT

author:

FBI Peringatkan Ancaman dari Penipu yang Menyamar Sebagai Pengembang NFT

Biro Investigasi Federal Amerika Serikat, atau yang sering dikenal FBI, baru-baru ini telah mengeluarkan peringatan tentang ancaman yang meningkat dari aktor kriminal yang menyamar sebagai pengembang NFT asli. Mereka memanfaatkan atau meniru akun media sosial asli untuk menipu korban dengan iklan palsu tentang perilisan NFT. Simak lebih lanjut, yuk!

Metode Penipuan yang Meluas: Situs Web Palsu dan Duplikasi Akun

Menurut laporan yang diberikan oleh FBI pada tanggal 4 Agustus 2023, penjahat cryber menggunakan tautan phishing yang mengarahkan korban ke situs web palsu yang sangat mirip dengan platform proyek NFT asli.

Baca juga: Volume Perdagangan NFT Polygon Meningkat, Sinyal Bullish untuk Harga MATIC?

Korban yang tidak curiga, dengan anggapan bahwa mereka menghubungkan dompet mereka ke platform yang dapat dipercaya, tanpa sadar menghubungkan ke smart contract “drainer”. Hal ini mengakibatkan dana dan NFT mereka disedot oleh penjahat.

“Penjahat mendapatkan akses langsung ke akun media sosial pengembang NFT atau membuat akun yang hampir sama untuk mempromosikan rilis NFT baru. Postingan palsu sering kali bertujuan untuk menciptakan rasa urgensi, menggunakan frasa seperti ‘persediaan terbatas’, dan menyebut promosi tersebut sebagai ‘kejutan’ atau mint yang sebelumnya tidak diumumkan.”

Selanjutnya, aset yang dicuri seringkali dicuci melalui berbagai pencampur dan bursa crypto, yang mana mempersulit pelacakan aset yang dicuri.

Kejadian Mencemaskan di Komunitas NFT

Seorang pengguna X (dulu dikenal sebagai Twitter), StockEd, mengungkapkan bagaimana mereka ditipu lebih dari $300.000 dalam NFT, bahkan tanpa menghubungkan dompet mereka, hanya dengan mengklik situs web palsu yang meniru pasar NFT LooksRare.

kejahatan cyber nft
Sumber: Twitter

Lebih mencemaskan lagi, situs palsu ini berada di puncak hasil pencarian Google, disponsori sebagai iklan berbayar. Keberadaan situs-situs menyesatkan semacam itu menyoroti tantangan besar yang belum diatasi dengan baik oleh raksasa mesin pencari.

Baca juga: Pemerintah China Umumkan Langkah Tegas untuk Mengatasi Penipuan Crypto dan AI

Langkah Pencegahan Penting untuk Komunitas NFT

Mengingat sifat ancaman siber ini, FBI telah memberikan panduan untuk membantu komunitas NFT dalam melindungi aset mereka. Inti dari saran ini adalah prinsip kewaspadaan: selalu riset dan validasi setiap peluang yang tak terduga, seperti penurunan NFT mendadak.

Biro ini menyarankan individu untuk memeriksa dengan teliti akun media sosial yang mempromosikan peluang semacam itu, mencari ketidaksesuaian dalam riwayat akun, kesalahan ejaan, dan tanda-tanda lain yang mungkin menunjukkan akun palsu. Selain itu, bagi situs web yang meminta koneksi dompet, sangat penting untuk memeriksa URL dengan cermat untuk setiap anomali, memastikan legitimasi situs tidak terganggu.

Mengingat insiden dan peringatan yang disebutkan di atas, menjadi sangat penting bagi anggota komunitas NFT dan komunitas crypto yang lebih luas untuk selalu berhati-hati dan terinformasi, memastikan aset mereka yang diperoleh dengan susah payah tetap aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: