Bank AS Terkait FTX, Farmington State Bank, Bebas dari Tindakan Penegakan Hukum The Fed

Bank AS Terkait FTX, Farmington State Bank, Bebas dari Tindakan Penegakan Hukum The Fed

Bank Farmington State, sebuah lembaga keuangan yang terkait dengan bursa crypto FTX yang sudah tidak beroperasi, telah dibebaskan dari tindakan penegakan hukum oleh Federal Reserve Board Amerika Serikat. Keputusan ini diambil setelah bank tersebut menghentikan operasinya dan tidak lagi berfungsi sebagai bank.

The Fed Hentikan Tindakan Penegakan Hukum terhadap Farmington State Bank

Dalam sebuah pernyataan pada tanggal 6 Februari, The Fed mengumumkan bahwa setelah tindakan penegakan hukum pada bulan Juli 2023, Farmington telah menghentikan operasinya dan “tidak lagi berfungsi sebagai bank.” The Fed mengatakan telah menghentikan tindakannya terhadap Farmington dan perusahaan induknya, FBH Corporation.

Sebelumnya bernama Moonstone, Farmington State Bank menerima sekitar $11,5 juta dari perusahaan saudara FTX, Alameda Research, melalui FBH Corporation pada bulan Maret 2022. The Fed mengatakan pada bulan Agustus 2023 bahwa tindakan penegakan hukum diambil untuk menghentikan operasi dan melindungi para deposan.

Baca Juga: Staking Ethereum 2.0 Capai Puncak 60 Hari, Akankah Upgrade Dencun Mendongkrak Harga ETH?

Setelah FTX runtuh pada bulan November 2022, Farmington mengatakan berencana untuk keluar dari dunia crypto dan kembali ke “misi awalnya” sebagai bank komunitas. Baik tindakan penegakan hukum The Fed maupun penghentian tindakannya tidak secara eksplisit menyebutkan FTX atau Alameda.

Dampak Keputusan The Fed terhadap Pasar Crypto

sejarah the fed

Keputusan The Fed untuk menghentikan tindakan penegakan hukum terhadap Farmington State Bank dapat berdampak pada pasar crypto. Pengumuman dari The Fed terkadang berkorelasi dengan penurunan atau kenaikan harga mata uang crypto, termasuk Bitcoin (BTC).

Pada tanggal 31 Januari, The Fed mengatakan suku bunga akan tetap di 5,25%–5,50%. Pengumuman ini menyebabkan harga Bitcoin turun sekitar 2% dalam waktu 24 jam. Namun, harga Bitcoin kemudian pulih dan kembali naik dalam beberapa hari berikutnya.

Bank AS Pertama yang Memungkinkan Nasabah Menyimpan Crypto di Rekening Giro Keluar dari Crypto

Vast Bank, lembaga keuangan yang mengklaim sebagai bank pertama di Amerika Serikat yang memungkinkan nasabahnya untuk membeli, menjual, dan menyimpan mata uang crypto “bersama rekening giro tradisional,” telah menutup aplikasi perbankan crypto selulernya dan menyatakan niatnya untuk keluar dari industri mata uang crypto.

Dalam FAQ yang diposting di situs web bank, Vast Bank mengatakan akan mengembalikan sisa crypto milik pemegang melalui likuidasi: “Kami akan melikuidasi semua aset crypto yang tersisa dan mengembalikan dana ke akun Anda. Anda akan menerima email dengan instruksi tentang cara menarik dana Anda.”

Vast Bank memasuki industri crypto pada tahun 2019 dan sebelumnya bermitra dengan Coinbase dan SAP pada aplikasi perbankan seluler ramah kripto perusahaan pada tahun 2021. Namun, menurut American Banker, bank tersebut dikeluarkan perintah persetujuan dari Office of the Comptroller of the Currency pada akhir tahun 2023.

Perintah OCC tersebut dilaporkan mengklaim bahwa Vast Bank diduga terlibat dalam “praktik yang tidak aman atau tidak sehat” seputar manajemen dan pengendalian risiko, dengan fokus yang jelas pada keterlibatan lembaga tersebut dalam mata uang kripto.

Penutup

Keputusan The Fed untuk menghentikan tindakan penegakan hukum terhadap Farmington State Bank dapat berdampak pada pasar crypto. Sementara itu, Vast Bank, bank AS pertama yang memungkinkan nasabahnya menyimpan crypto di rekening giro, telah keluar dari industri mata uang crypto.

Keputusan ini diambil setelah bank tersebut menerima perintah persetujuan dari OCC yang mengklaim bahwa bank tersebut terlibat dalam praktik yang tidak aman atau tidak sehat seputar manajemen dan pengendalian risiko.

Baca Juga: Waspada! Inggris Beri Peringatan Keras Soal Regulasi Stablecoin

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

=============================================================================================================================================

Plagiarism Notes:

1. Link: https://pintu.co.id/news/69929-vast-bank-tutup-layanan-crypto-sygnum-bank-raih-dana-juta, Similar words/phrases/sentences:
– Vast Bank, bank pertama di Amerika Serikat yang memungkinkan nasabahnya untuk membeli, menjual, dan menyimpan cryptocurrency di samping 
– Keputusan ini diambil setelah bank tersebut menerima perintah persetujuan dari Office of the Comptroller of the Currency (OCC) pada Oktober 2023