Farcaster: Jejaring Sosial Desentralisasi Raih Status Unicorn

Farcaster: Jejaring Sosial Desentralisasi Raih Status Unicorn

Jakarta, Pintu News – Perusahaan induk Farcaster, Merkle Manufactory, dikabarkan akan menutup putaran pendanaan baru yang dipimpin oleh Paradigm. Kesepakatan ini akan membawa valuasinya menjadi lebih dari $1 miliar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pendanaan Baru Merkle Manufactory

Menurut laporan Bloomberg yang mengutip sumber yang mengetahui masalah ini, putaran pendanaan baru akan mengangkat valuasi Merkle Manufactory — perusahaan di balik jejaring sosial Farcaster — menjadi $1 miliar. Putaran ini dipimpin oleh perusahaan investasi kripto Paradigm, yang portofolionya mencakup perusahaan kripto besar, seperti Coinbase, Blur, dYdX, Compound, dan Citadel Securities.

Merkle didirikan pada tahun 2020 oleh mantan eksekutif Coinbase, Dan Romero dan Varun Srinivasan. Produk unggulan perusahaan ini adalah aplikasi media sosial Warpcast, yang dibangun di atas jaringan terdesentralisasi untuk aplikasi media sosial Farcaster.

Romero mengonfirmasi dalam sebuah posting pada tanggal 28 Maret bahwa Merkle sedang mengumpulkan modal. “Ingin memberi tahu semua orang bahwa Merkle Manufactory sedang menutup putaran pembiayaan baru.” Paradigm belum mengonfirmasi keterlibatannya. Merkle mengumpulkan $30 juta dari perusahaan modal ventura a16z crypto pada bulan Juli 2022.

Baca Juga: Perkembangan Regulasi Crypto di Tahun 2024: Prediksi dan Perspektif

Lonjakan Aktivitas Pengguna Farcaster

lonjakan aktivitas pengguna harian farcaster
Pengguna aktif harian Farcaster. Sumber: Dune Analytics

Sejak Januari, platform Farcaster telah mengalami peningkatan signifikan dalam aktivitas pengguna setelah Warpcast memperkenalkan Frames — sebuah fitur yang memungkinkan aplikasi berjalan di dalam posting tanpa meninggalkan platform.

Pembaruan ini telah meningkatkan keterlibatan pengguna secara signifikan. Jumlah pengguna aktif harian di jaringan Farcaster meningkat dari sekitar 5.000 pada tanggal 28 Januari menjadi lebih dari 249.000 pada tanggal 30 Maret, menurut data dari Dune Analytics.

Baca Juga: Cara Main Crypto untuk Pemula: Panduan Lengkap Investasi Cryptocurrency

Tantangan Media Sosial Desentralisasi

Platform media sosial terdesentralisasi adalah kelas baru jaringan yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk menawarkan kepemilikan kepada pengguna atas data, konten, dan interaksinya, menjauh dari kontrol terpusat yang terlihat di media sosial tradisional.

Platform ini dicirikan oleh fitur-fitur seperti ketahanan terhadap sensor dan monetisasi konten tanpa perantara. Nama-nama populer di sektor ini termasuk Friend.tech, Minds, dan Mastodon. Menurut dua eksekutif industri, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi platform media sosial terdesentralisasi adalah retensi pengguna.

Kesimpulan

Pendanaan baru ini tidak hanya akan membawa Merkle Manufactory ke status unicorn, tetapi juga menyoroti dinamika yang berubah dalam lanskap media sosial terkait kripto. Dengan fokus pada desentralisasi, kepemilikan data pengguna, dan ketahanan terhadap sensor, Farcaster dan platform media sosial terdesentralisasi lainnya menantang model tradisional yang didominasi oleh perusahaan teknologi besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi