Fantom Memangkas Kebutuhan Staking Hingga 90% dalam Upaya Meningkatkan Keamanan!

author:

Fantom Memangkas Kebutuhan Staking Hingga 90% dalam Upaya Meningkatkan Keamanan!

Apakah kamu siap untuk menjadi bagian dari evolusi keamanan blockchain Fantom? Dengan pemotongan persyaratan staking sebesar 90%, Fantom membuka peluang bagi lebih banyak validator untuk mengamankan jaringannya.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan tanpa mengorbankan kecepatan transaksi.

Lebih Banyak Validator, Keamanan Meningkat

fantom potongan 90%
Sumber: X

Fantom telah mengurangi batas minimum staking dari 500.000 FTM menjadi hanya 50.000 FTM. Ini memungkinkan lebih banyak pengguna untuk berpartisipasi sebagai validator, yang secara signifikan meningkatkan desentralisasi dan keamanan jaringan.

Baca juga: Fantom (FTM) Luncurkan Program Monetisasi Gas, Berikan Insentif 15% kepada Developer!

Dengan lebih banyak validator, risiko serangan jahat berkurang karena akan lebih sulit bagi pelaku jahat untuk mengontrol jaringan. Validator di Fantom memiliki tugas penting untuk mengelompokkan transaksi dan membagikannya ke validator lain. Proses ini mencapai finalitas melalui konsensus yang cepat dan efisien.

Meskipun jumlah validator bertambah, kecepatan jaringan Fantom tetap terjaga. Ini menunjukkan bahwa penurunan persyaratan staking tidak mengurangi keamanan, karena kekuatan validator tetap sebanding dengan jumlah FTM yang mereka staking.

Perbandingan dengan Blockchain Lain

Saat ini, Fantom didukung oleh 58 validator, sementara Ethereum memiliki lebih dari 1,1 juta validator. Blockchain lain seperti Cardano, Solana, dan Avalanche juga memiliki ribuan validator. Dengan perubahan ini, Fantom berharap dapat menarik lebih banyak validator dan meningkatkan keamanannya.

Pada tiga bulan yang lalu, dompet panas Fantom Foundation diretas dan kehilangan $550.000. Namun, jumlah tersebut kurang dari 1% dari total dana yayasan. Sebagai respons, Fantom memberikan hadiah sebesar $1,7 juta kepada peneliti keamanan yang menemukan risiko potensial yang terkait dengan peretasan tersebut.

Baca juga: Prediksi Harga Fantom (FTM) 2024: Analisis Ahli dan Proyek Terbaru!

Ekosistem Fantom yang Berkembang

Fantom tidak hanya fokus pada keamanan, tetapi juga pada pengembangan ekosistemnya. Dengan memulai pembayaran kepada pengembang untuk menghasilkan biaya gas, Fantom menunjukkan komitmennya untuk mendukung inovasi dan pertumbuhan. Langkah ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pengembang dan meningkatkan penggunaan jaringan Fantom.

Selain itu, dengan penurunan persyaratan staking, Fantom berpotensi menarik lebih banyak investor dan pengguna. Meskipun harga FTM tidak berubah secara signifikan setelah pengumuman, langkah ini dapat memiliki dampak jangka panjang terhadap adopsi dan kepercayaan dalam ekosistem Fantom.

Dengan langkah berani Fantom dalam memangkas persyaratan staking, masa depan keamanan blockchain tampak lebih inklusif dan terdesentralisasi. Ini adalah kesempatan bagi kamu untuk menjadi bagian dari perubahan besar dalam industri crypto dan berkontribusi pada jaringan yang lebih aman dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: