Fantom Bersiap Luncurkan Sonic: Revolusi Kecepatan Transaksi di Dunia Crypto!

Fantom Bersiap Luncurkan Sonic: Revolusi Kecepatan Transaksi di Dunia Crypto!

Jakarta, Pintu News – Fantom, salah satu blockchain Layer 1 yang terkenal, tengah bersiap untuk meluncurkan Sonic, sebuah platform yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan transaksi hingga 2.000 transaksi per detik (TPS) dengan finalitas kurang dari satu detik.

Peluncuran Sonic di akhir musim panas atau awal musim gugur tahun ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam evolusi Fantom, menjanjikan peningkatan signifikan dari jaringan Opera saat ini yang hanya mampu mencapai maksimum 200 TPS. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Signifikan dengan Sonic

Sonic diharapkan tidak hanya meningkatkan kecepatan transaksi tetapi juga memperbaiki infrastruktur Fantom untuk rantai Layer 1 dan Layer 2. Dengan kemampuan memproses lebih dari 180 juta transaksi harian dengan waktu konfirmasi nyata kurang dari satu detik, Sonic dijadwalkan untuk menjadi fondasi dalam meluncurkan kembali Fantom sebagai merek yang berfokus pada komunitas.

Selain itu, Fantom juga sedang mengembangkan jembatan baru yang lebih terdesentralisasi dan aman untuk memungkinkan pengguna menjembatani dana dari Ethereum. Peluncuran Sonic akan disertai dengan perubahan tata kelola yang diusulkan, termasuk mekanisme staking baru dan solusi jembatan yang lebih aman.

Baca Juga: Fantom (FTM) Didukung Keyakinan Kuat Pemegangnya, Siap Meroket ke $1?

Kinerja FTM Meningkat Jelang Peluncuran Sonic

tvl fantom
Sumber: DefiLlama

Token asli Fantom, FTM, telah mengalami kenaikan lebih dari 190% dalam empat minggu, menjadikannya crypto non-meme dengan kinerja terbaik di antara 100 aset digital teratas berdasarkan nilai pasar. Kenaikan harga FTM dari 40 sen menjadi $1,16, mencapai titik tertinggi sejak April 2022, menunjukkan antusiasme investor terhadap pembaruan Sonic yang akan datang.

Pembaruan Sonic, yang diharapkan dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan transaksi, telah memicu minat investor pada crypto ini. Testnet Sonic yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu telah menunjukkan kemampuan teoritis maksimum hingga 2.000 TPS dengan waktu hingga finalitas hanya 1,1 detik.

Baca Juga: Fantom Berupaya Melikuidasi Multichain Demi Kembalikan Dana $122 Juta

Dampak Sonic pada Ekosistem Fantom

Peluncuran Sonic tidak hanya akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi transaksi tetapi juga membuka kemungkinan baru bagi ekosistem Fantom, khususnya dalam platform keuangan terdesentralisasi (DeFi), game blockchain, aplikasi frekuensi tinggi, dan Internet of Things (IoT). Kemampuan throughput yang ditingkatkan dan efisiensi yang lebih baik memungkinkan operasi yang lebih lancar dari platform DeFi, pengalaman bermain game yang lebih kaya, penanganan mikrotransaksi yang efisien, dan pertukaran data IoT yang aman.

Namun, pembaruan yang akan datang ini belum berhasil menghidupkan kembali minat investor dalam ekosistem DeFi Fantom. Data menunjukkan jumlah FTM yang terkunci dalam aplikasi DeFi Fantom telah turun ke level terendah sejak Mei 2021. Meskipun demikian, antusiasme terhadap peluncuran Sonic dan potensi peningkatan yang ditawarkannya tetap tinggi di kalangan investor dan pengembang.

Dengan peluncuran Sonic yang sangat dinantikan, Fantom berada di ambang revolusi kecepatan transaksi di dunia crypto, menjanjikan peningkatan signifikan dalam efisiensi dan skalabilitas bagi pengguna dan pengembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: