Fantom (FTM) Didukung Keyakinan Kuat Pemegangnya, Siap Meroket ke $1?

Fantom (FTM) Didukung Keyakinan Kuat Pemegangnya, Siap Meroket ke $1?

Fantom (FTM), platform smart contract berbasis Directed Acyclic Graph (DAG) pertama di dunia, tengah menjadi sorotan. Proyek crypto ini memiliki tujuan besar untuk menjadi “sistem saraf bagi kota-kota pintar” di masa depan.

Selain itu, Fantom juga berambisi menjadi platform DeFi (keuangan terdesentralisasi) teratas di pasar. Dengan berbagai fitur menarik seperti staking dan layanan peer-to-peer lending, Fantom siap menantang dominasi Ethereum di sektor DeFi.

Keunggulan Fantom (FTM)

Keunggulan Fantom (FTM)
Fantom

Memecahkan Masalah Ethereum

Fantom diciptakan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi pengguna dan pengembang Ethereum saat ini. Fokus utama jaringan ini adalah menciptakan jaringan desentralisasi yang aman dan skalabel. Tim pengembang Fantom berhasil mewujudkan hal ini dengan menyediakan skalabilitas yang nyaris tak terbatas dan transaksi instan dengan biaya yang sangat rendah.

Konsumsi Energi Rendah

Fantom meninggalkan mekanisme konsensus Proof of Work (PoW) yang haus daya yang digunakan oleh mata uang crypto awal seperti Bitcoin dan Ethereum. Strategi ini memungkinkan jaringan untuk memvalidasi keadaannya menggunakan lebih sedikit energi. Pendekatan ini membuat Fantom lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Biaya Rendah

Salah satu keuntungan terbesar yang dibawa Fantom ke pasar crypto adalah struktur biayanya yang rendah. Pengguna dapat mengirim transaksi dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan Ethereum saat ini. Strategi biaya mikro ini juga menguntungkan pengembang karena mereka dapat menyediakan layanan mereka dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Fitur-Fitur Unggulan Fantom (FTM)

prediksi harga fantom 2023
Sumber: Freepik Premium License

Skalabel

Dalam hal skalabilitas, Fantom adalah jaringan berkinerja terbaik. Platform ini menyediakan transaksi yang hampir instan. Saat ini, pengguna menikmati time-to-finality (TTF) sekitar satu detik. Seiring dengan semakin matangnya jaringan, para pengembang telah menetapkan tujuan akhir untuk mengeksekusi 300.000 transaksi per detik (tps).

Smart Contract Canggih

Fantom mengambil aspek terbaik dari smart contract Ethereum dan menambahkan lebih banyak fitur. Misalnya, smart contract Fantom dapat memantau keakuratan transaksi, menghasilkan basis bukti berdasarkan perilaku, dan mengeksekusi instruksi yang telah diprogram sebelumnya secara efisien.

Fleksibel

Skalabilitas dan efisiensi Fantom membuatnya dapat diaplikasikan di berbagai industri. Saat ini, sudah ada beberapa kasus penggunaan yang sedang berlangsung di sektor utilitas publik, sistem rumah pintar, perawatan kesehatan, pendidikan, manajemen lalu lintas, manajemen sumber daya, dan keberlanjutan lingkungan.

Harga Fantom (FTM) Menuju $1

Harga Fantom (FTM) Menuju $1
IntoTheBlock.

Pasokan FTM di Bursa Menurun

Sejak 1 Maret, jumlah token FTM yang tersedia di bursa crypto telah menurun secara signifikan dari 655 juta menjadi 643 juta. Tren ini tampaknya terkait erat dengan kenaikan signifikan dalam nilai harga Fantom, yang meningkat dari $0,50 menjadi $0,82 hanya dalam waktu 12 hari, menandai pertumbuhan nilai yang mengesankan sebesar 64%.

Baca Juga: Analisis Render (RNDR, Near Protocol (NEAR) Meroket, Galaxy Fox Maret 2024

Penurunan pasokan FTM yang tersedia di bursa menandakan bahwa ada lebih sedikit token yang dapat dengan mudah diperdagangkan, dibeli, atau dijual. Penurunan ini menjadi sangat jelas ketika pasokan FTM turun 1 juta antara 10 Maret dan 13 Maret. Pasokan yang berkurang di bursa sering kali menyebabkan tekanan ke atas pada harga.

Hal ini terjadi karena pembeli mungkin bersedia membayar lebih untuk token ketika mereka menjadi kurang tersedia. Penurunan FTM di bursa sering kali menunjukkan bahwa investor semakin mentransfer token mereka ke dompet pribadi untuk penyimpanan jangka panjang.

Lebih dari 45.000 Pemegang Masih Merugi

Bahkan dengan kenaikan harga FTM baru-baru ini, sekitar 43% investornya memiliki kepemilikan yang nilainya di bawah investasi awal mereka. Ini menunjukkan bahwa sejumlah besar investor sedang menunggu nilai token meningkat sebelum mereka mempertimbangkan untuk menjual.

Keraguan mereka untuk menjual dapat menyebabkan penurunan tekanan jual di pasar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pergerakan harga naik yang berkelanjutan. Antisipasi peningkatan pengembalian dapat menjadi kekuatan pendorong di balik peningkatan nilai FTM yang berkelanjutan.

Data historis mengungkapkan bahwa ketika sekitar 45% pemegang FTM menghadapi kerugian, token tersebut mengalami lonjakan harga yang luar biasa. Secara khusus, tingkat pertumbuhan 165,22% dan 97,16% masing-masing tercatat dalam dua hingga tiga minggu.

Prediksi Harga FTM: Apakah $0,96 Segera Hadir?

Prediksi Harga FTM: Apakah $0,96 Segera Hadir?
IntoTheBlock

Analisis In/Out of the Money Around Price (IOMAP) untuk FTM menunjukkan bahwa sebagian besar pemegang, tepatnya 87,51% atau 4.220 alamat, berada dalam posisi keuangan yang menguntungkan, setelah memperoleh FTM dengan harga di bawah $0,82 saat ini. Sebagian besar investor yang memegang keuntungan ini siap bertindak sebagai support fundamental untuk harga FTM.

Keengganan potensial mereka untuk menjual jika harga turun di bawah titik pembelian mereka memotivasi hal ini. Jika harga turun, mereka mungkin membeli lebih banyak FTM untuk menurunkan biaya rata-rata mereka atau mempertahankan kepemilikan mereka.

Kedua pendekatan tersebut dapat membantu menstabilkan harga. Jika harga FTM berjuang untuk mempertahankan level support kritis $0,80, ada risiko tren turun yang masuk akal menuju $0,77 dalam waktu dekat.

Penutup

Fantom (FTM) sedang dalam tren positif dengan harga yang terus meningkat. Proyek crypto ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan Ethereum, termasuk skalabilitas yang lebih baik, biaya yang lebih rendah, dan smart contract yang lebih canggih.

Selain itu, Fantom juga memiliki komunitas yang kuat yang mendukung proyek ini. Dengan semua faktor ini, Fantom (FTM) diperkirakan akan terus mengalami kenaikan harga di masa mendatang.

Baca Juga: Bitcoin Tembus $73.000, Lahirkan 1.500 Jutawan Baru Setiap Hari!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi