Ketangkasan Fantom Selamatkan $170 Juta dari Ancaman Eksploitasi!

author:

Ketangkasan Fantom Selamatkan $170 Juta dari Ancaman Eksploitasi!

Dalam sebuah langkah yang menegaskan pentingnya keamanan dalam dunia crypto, Fantom Foundation baru-baru ini berhasil menghindari kerugian besar. Berkat penemuan seorang peneliti keamanan, potensi kerugian sebesar $170 juta berhasil dicegah, menunjukkan betapa kritisnya peran keamanan siber dalam melindungi aset digital.

Kronologi Penemuan dan Pencegahan

Setelah insiden peretasan yang mengakibatkan kerugian $550,000 pada Oktober lalu, Fantom Foundation mengalami serangan yang lebih besar lagi. Seorang peneliti keamanan, yang identitasnya tidak diungkapkan, menemukan celah keamanan yang bisa memungkinkan peretas mencuri hingga $170 juta.

Baca juga: Phantom Luncurkan Fitur Baru yang Revolusioner, Cross-Chain Swapper!

Celah ini diketahui terkait dengan token admin yang tidak aktif pada kontrak ERC-20 FTM Fantom, yang berpotensi memungkinkan peretas untuk mencetak sebagian token FTM di Ethereum.

Fantom Foundation dengan cepat mengatasi kerentanan yang ada. Mereka memberikan penghargaan sebesar $1,7 juta kepada peneliti tersebut atas kontribusinya. Langkah ini menunjukkan komitmen Fantom dalam mempertahankan standar keamanan tertinggi untuk platform mereka.

“Fantom Foundation berdedikasi untuk menegakkan standar keamanan tertinggi untuk platform kami, dan kami tetap berterima kasih kepada para peneliti keamanan yang berkontribusi dalam upaya ini.”

Pentingnya Keamanan dalam Ekosistem Crypto

Harga Fantom Naik 10,41% Dalam 24 Jam
Sumber = coinposters

Insiden ini menyoroti pentingnya keamanan dalam ekosistem crypto. Fantom Foundation, yang mengembangkan platform blockchain Fantom, telah menunjukkan dedikasi mereka dalam menjaga keamanan aset digital.

Baca juga: Prediksi Harga Fantom 2023, 2025, 2030: Jadi Inceran Investor, Harga FTM Bakal Melejit 9.000%?

Keamanan menjadi prioritas utama, terutama setelah serangkaian peretasan yang terjadi pada jaringan Fantom dan penggunanya, termasuk peretasan jembatan multichain yang mengakibatkan kerugian $126 juta pada Juli 2023.

Meskipun mengalami kerugian setengah juta dolar akibat peretasan satu bulan lalu, token Fantom telah meningkat nilainya selama empat minggu terakhir. Nilai token telah meningkat 82% sejak 17 Oktober 2023, diperdagangkan pada $0,31 pada saat penulisan, menurut CoinGecko. Kenaikan ini juga mencerminkan peningkatan 78% selama setahun terakhir.

Pada akhirnya, kisah Fantom Foundation ini menggarisbawahi pentingnya keamanan dalam dunia crypto. Dengan cepat mengidentifikasi dan menanggapi ancaman keamanan, Fantom tidak hanya berhasil menghindari kerugian finansial yang besar, tetapi juga menegaskan kembali kepercayaan dalam keamanan aset digital.

Kejadian ini merupakan pengingat bagi semua pelaku di industri crypto untuk selalu waspada dan proaktif dalam menghadapi ancaman keamanan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: