Bitcoin Meroket, 5 Faktor Penentu Harga BTC Minggu Ini!

Bitcoin Meroket, 5 Faktor Penentu Harga BTC Minggu Ini!

Bitcoin memulai minggu baru dengan semangat baru, mengejar rekor tertinggi sepanjang masa seiring berlanjutnya transformasi harga Bitcoin di bulan Februari. Setelah penutupan bulanan yang solid, kini para bulls berlomba untuk mencapai ketinggian baru, sementara para penjual tampaknya pasrah dengan kemungkinan Bitcoin akan memasuki fase penemuan harga. Simak analisa lengkapnya disini!

Puncak Baru Menanti Bitcoin

cup and handle btc
Grafik BTC/USD dengan “Cup and Handle” yang ditampilkan. Sumber: Venturefounder/X

Bitcoin, mata uang kripto paling berharga di dunia, mengawali minggu dengan semangat yang tinggi. Setelah penutupan bulanan yang mengesankan, harga Bitcoin terus merangkak naik, menembus angka $60.000 dengan nyaman.

Para investor dan penggemar kripto di seluruh dunia menunggu dengan penuh antisipasi akan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi selanjutnya. Pasar menunjukkan optimisme yang kuat, bahkan mungkin terlalu kuat, sehingga mendorong harga ke arah yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Baca Juga: 5 Meme Token yang Berpotensi Bull Run di Maret 2024

Pendapat Para Ahli: Antara Optimisme dan Skeptisisme

Sementara para bulls mengincar rekor baru, ada juga suara-suara skeptis yang meragukan kelanjutan tren kenaikan ini. Dalam dunia kripto yang penuh volatilitas ini, berbagai pandangan muncul dari para trader dan analis.

Beberapa melihat ini sebagai awal dari fase penemuan harga baru, sementara yang lain memperingatkan tentang potensi pembalikan yang besar. Perdebatan ini mencerminkan dinamika pasar yang kompleks dan sulit diprediksi.

Konsolidasi atau Koreksi: Apa Selanjutnya?

charles edwards
Sumber: Akun X Charles Edwards

Charles Edwards, salah satu suara terdepan dalam analisis kripto, memberikan perspektif yang lebih tenang. Menurutnya, kegembiraan yang berlebihan dari bulan lalu bisa saja membutuhkan waktu lebih lama untuk mereda.

Edwards menyarankan bahwa pasar mungkin akan mengalami fase konsolidasi atau bahkan koreksi yang signifikan sebelum melanjutkan tren naiknya. Ini adalah pengingat akan pentingnya manajemen risiko dan kehati-hatian dalam berinvestasi.

Baca Juga: 8 Altcoin yang Berpotensi Bull Run 10x-100x Menjelang Halving 2024

Pasar Menyikapi Suhu yang Meningkat

Kekhawatiran akan pasar yang terlalu panas (overheated) muncul seiring dengan kenaikan tarif pendanaan ke tingkat tertinggi dalam sejarah. Meskipun ini bisa dianggap sebagai indikator bullish, ada juga risiko besar terkait volatilitas dan kemungkinan penyesuaian harga yang tajam. Para investor diingatkan untuk tetap waspada dan tidak terbawa oleh euforia pasar yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Pengaruh Makroekonomi: Fokus pada Fed

the fed
Probabilitas suku bunga target Fed. Sumber: CME Group

Minggu ini, semua mata tertuju pada Jerome Powell dan Federal Reserve AS. Testimoninya di depan Kongres AS akan sangat menentukan arah pasar selanjutnya. Pernyataan Powell terkait inflasi dan suku bunga akan memiliki dampak signifikan terhadap aset berisiko, termasuk kripto.

Pasar akan mencermati setiap kata yang diucapkan, mencari petunjuk tentang kebijakan moneter AS yang akan datang dan dampaknya terhadap Bitcoin. Melalui penguatan setiap subjudul, pembaca akan mendapatkan gambaran yang lebih kaya dan mendalam tentang dinamika pasar Bitcoin yang kompleks dan multifaset.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: