3 Orang Ini Diduga Kuat Pencipta Bitcoin! Siapa Sosok Misterius Satoshi Nakamoto Sebenarnya?

3 Orang Ini Diduga Kuat Pencipta Bitcoin! Siapa Sosok Misterius Satoshi Nakamoto Sebenarnya?

Salah satu misteri Bitcoin yang paling abadi hingga saat ini adalah mengenai identitas pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto. Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang digunakan oleh pencipta Bitcoin. Hanya ada segelintir informasi yang diketahui tentang Nakamoto dan identitasnya tidak pernah berhasil sepenuhnya dikonfirmasi hingga saat ini.

Meskipun banyak upaya dilakukan untuk mengungkap identitasnya, identitas pencipta Bitcoin ini telah terbukti sulit untuk diungkapkan. Beberapa orang diduga kuat merupakan sosok dibalik pencipta Bitcoin ini. Siapa sajakah sosok yang diduga kuat pencipta Bitcoin tersebut. Berikut adalah 3 kandidat pencipta Bitcoin seperti dilansir laman Investopedia.

Dorian Nakamoto

Dorian Nakamoto
TechCrunch

Pada bulan Maret 2014, Dorian Nakamoto diidentifikasi kuat sebagai pencipta Bitcoin. Majalah Newsweek mengklaim terdapat beberapa kesamaan antara Satoshi Nakamoto dan Dorian Nakamoto. Misalnya, keduanya memiliki kecenderungan libertarian dan koneksi Jepang.

Dorian merupakan lulusan fisika dari California Polytechnic dan bekerja pada proyek pertahanan rahasia Jepang-Amerika. Majalah Newsweek mengklaim Nakamoto mengatakan bahwa dia tidak lagi terlibat dengan Bitcoin dan bahwa dia telah menyerahkan proyek Bitcoin kepada orang lain. Dorian Nakamoto kemudian membantah kutipan itu dan mengklaim bahwa ia tidak memiliki hubungan dengan Bitcoin.

Baca Juga: Tokoh Penting Crypto Dukung Satoshi Nakamoto Menangkan Nobel!

Kesalahan terbesar majalah itu adalah menerbitkan foto rumah Nakamoto sehingga setiap orang dapat dengan mudah mengungkapkan lokasinya. Komunitas crypto terkejut karena privasi Nakamoto telah dilanggar. Pada bulan Maret 2014, pengusaha teknologi dan pendukung crypto, Andreas Antonopoulos meluncurkan penggalangan dana untuk mendukung Nakamoto.

Kampanye crowdfunding ini digalang sebagai permintaan maaf atas kesulitan yang dialami Nakamoto selama tuduhan tersebut. Sekitar 2.000 pendukung telah menyumbangkan total 47,5 Bitcoin yang bernilai sekitar $20.000 pada saat itu atau sekitar Rp311,8 juta pada Nakamoto.

Craig Wright

Craig Wright
The Crypto Times

Sebagian besar orang-orang yang diduga Satoshi Nakamoto membantah klaim tuduhan bahwa mereka adalah sosok Satoshi Nakamoto sang pencipta Bitcoin atau tetap diam. Namun, hal ini berbeda dengan Craig Wright, seorang ilmuwan Australia. Pada bulan Desember 2015, Wired Magazine menulis profil Wright dan mengklaim telah memperoleh bukti terkuat dari identitas sejati Satoshi Nakamoto.

Artikel tersebut melaporkan penampilan Wright melalui Skype di konferensi investor Bitcoin 2015 di Las Vegas. Ketika ditanya tentang kredensialnya, Wright mengatakan bahwa ia terlibat dengan proyek pengembangan Bitcoin. Sebuah transkrip rapat yang bocor antara Wright dengan pengacara dan pejabat pajak menyebutkan bahwa Wright mengatakan:

“Saya melakukan yang terbaik untuk mencoba dan menyembunyikan fakta bahwa saya telah menjalankan Bitcoin sejak 2009”.

Nick Szabo

Nick Szabo
MyBloggerTricks

Nick Szabo adalah insinyur komputer dan sarjana hukum asal Amerika. Dia dikreditkan dengan memelopori konsep smart contract dalam makalah 1996. Pada tahun 2008, dia mengkonseptualisasikan mata uang terdesentralisasi yang disebutnya Bit Gold. Dia menggambarkan Bit Gold sebagai protokol yang dibuat secara online dengan ketergantungan minimal pada pihak ketiga.

Ini mirip dengan konsep Bitcoin yang terdiri dari serangkaian bit yang dibuat oleh jaringan komputer memverifikasi dan memvalidasi transaksi. Penulis Dominic Frisby mengklaim bahwa Nick Szabo adalah Satoshi Nakamoto dalam bukunya, “Bitcoin: The Future of Money?”.

Frisby berkonsultasi dengan ahli stylometrics yang menyimpulkan bahwa gaya penulisan Szabo mirip dengan tulisan yang diketahui dari Nakamoto. Selain itu, Frisby mengetahui Szabo telah bekerja untuk Digicash, upaya awal untuk membawa kriptografi ke pembayaran digital.

Faktanya, sebelum diberi nama Bitcoin, Satoshi Nakamoto nyaris memberi nama Bitcoin sebagai Netcoin. Memilih sebuah nama merupakan salah satu keputusan paling menantang yang harus dibuat seseorang saat akan meluncurkan sebuah layanan, produk, atau bisnis baru.

Data historis pembelian nama domain menunjukkan bahwa Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin (BTC), memiliki opsi penamaan alternatif sebelum nama Bitcoin dicantumkan ke dalam whitepaper. Simak berita selengkapnya mengenai Tokoh Penting Crypto Dukung Satoshi Nakamoto Menangkan Nobel di sini.

Referensi: