Expobank Rusia Tokenisasi Berlian: Inovasi Baru di Dunia Keuangan Digital!

Expobank Rusia Tokenisasi Berlian: Inovasi Baru di Dunia Keuangan Digital!

Expobank, bank terkemuka di Rusia, baru-baru ini mengumumkan inovasi terbarunya dalam dunia keuangan digital. Bank ini akan melakukan tokenisasi berlian di bawah rezim aset keuangan digital (DFA) Rusia. Inilah pertama kalinya tokenisasi dilakukan pada berlian, setelah sebelumnya banyak DFA yang melakukan tokenisasi pada logam mulia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tokenisasi Berlian oleh Expobank

Salah satu keuntungan dari tokenisasi adalah fraksionalisasi. Dalam kasus Expobank, bank ini melakukan tokenisasi pada berlian tertentu. Berlian pertama yang ditokenisasi adalah berlian tiga karat yang saat ini bernilai 9 juta rubel ($97.500).

Berlian ini dibagi menjadi 5.000 unit, sehingga setiap token bernilai kurang dari $20, menurut laporan media RB. Pada saat penebusan pada November 2026, jumlah pembayaran akan bergantung pada nilai berlian menggunakan kalkulator biaya Alrosa. Investasi ini hanya tersedia untuk investor yang memenuhi syarat.

Baca Juga: OCC Amerika Mendukung Tokenisasi, Apa Bedanya dengan Crypto?

Pertumbuhan Aset Keuangan Digital

expobank
Sumber: Reuters

Sementara itu, banyak laporan menunjukkan pertumbuhan di pasar aset keuangan digital. Kommersant melaporkan bahwa 140 penerbitan DFA senilai 42 miliar rubel ($450 juta) telah diumumkan sejauh ini, meskipun belum semua diterbitkan.

Badan berita TASS mengungkapkan beberapa detail dari laporan Analytical Credit Rating Agency (ACRA). Laporan tersebut menyebutkan bahwa 80 DFA diterbitkan selama kuartal ketiga tahun 2023, sebagian besar dengan jatuh tempo jangka pendek. Sejauh ini, 90% penempatan dilakukan melalui tiga dari sepuluh platform yang diotorisasi milik Atomyze, Sber, dan Alfa Bank.

Dengan adanya inovasi ini, Expobank membuka peluang baru dalam dunia keuangan digital. Tokenisasi berlian ini diharapkan dapat memberikan alternatif investasi baru bagi investor yang memenuhi syarat dan membantu pertumbuhan pasar aset keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: