Revolusi DeFi! dYdX Luncurkan Testnet Publik V4 di Cosmos, Siapkan Transisi dari Ethereum!

Revolusi DeFi! dYdX Luncurkan Testnet Publik V4 di Cosmos, Siapkan Transisi dari Ethereum!

Exchange crypto dYdX telah meluncurkan testnet publik dari iterasi “v4” mereka, menurut pengumuman pada 5 Juli 2023 dari tim pengembangan exchange tersebut. Ini menandai penyelesaian “tahap 4” dari lima tahap, membuka jalan untuk peluncuran mainnet v4 di masa mendatang.

Setelah diimplementasikan di mainnet, v4 diharapkan memungkinkan “desentralisasi penuh” dari exchange tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

dYdX: Dari Ethereum ke Cosmos

dydx ethereum ke cosmos
Sumber: Akun Twitter dYdX

Exchange dYdX dibangun di atas jaringan Ethereum dan StarkEx. Karena tidak mengambil alih dana pengguna, secara umum dianggap sebagai bursa desentralisasi (DEX). Namun, bursa ini memiliki buku pesanan dan mesin pencocokan yang terpusat yang memungkinkan pembuat pasar untuk menempatkan pesanan batas.

Hal ini berbeda dengan DEX pembuat pasar otomatis seperti Uniswap yang menggunakan algoritma penentuan harga on-chain untuk mencocokkan pembeli dan penjual.

Versi empat dari dYdX akan menghilangkan buku pesanan dan mesin pencocokan yang terpusat ini, menjadikan bursa sepenuhnya desentralisasi tanpa mengandalkan pembuat pasar otomatis.

Menurut dokumentasi protokol, bursa ini akan melakukan ini dengan menjalankan bagian dari aplikasi di jaringan dYdX terpisah dengan validatornya sendiri, memungkinkan buku pesanan disimpan di on-chain.

Baca Juga: dYdX Bagikan Jadwal Migrasi dari Ethereum ke Cosmos, Harganya Langsung Naik?

Testnet Publik dYdX: Langkah Pertama Menuju Desentralisasi Penuh

testnet publik v4 dydx
Sumber: dYdX

Menurut pengumuman, pengguna dapat meminta dana testnet untuk mencoba aplikasi mulai pukul 5:00 pm UTC pada 5 Juli 2023, memungkinkan mereka untuk melakukan perdagangan virtual, melihat keuntungan dan kerugian, dan melakukan fungsi dasar lainnya dari bursa.

Kemampuan untuk menguji jembatan dari satu jaringan ke jaringan lain belum diimplementasikan tetapi akan datang selama testnet publik.

Setelah fase testnet selesai, tim protokol berencana untuk menerapkan tahap kelima dari roadmap, yang akan mengintegrasikan stablecoin ke dYdX dan akan menambahkan dukungan untuk Komunikasi Antar-Blockchain Cosmos sehingga pengguna Cosmos akan memiliki akses ke aplikasi. Versi empat diharapkan diluncurkan setelah tahap akhir ini selesai.

Baca Juga: Prediksi Harga dYdX 2023: Melonjak 168% Dalam 1 Bulan, dYdX Berpotensi Bullish?

Transisi dYdX: Dampak dan Harapan

Transisi dYdX dari Ethereum ke Cosmos merupakan langkah penting dalam evolusi bursa ini. Dengan mengadopsi Cosmos, dYdX berharap dapat meningkatkan efisiensi dan skalabilitas platformnya, sambil mempertahankan prinsip-prinsip desentralisasi yang menjadi dasar operasinya.

Selain itu, dengan meluncurkan testnet publik, dYdX memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berpartisipasi dalam pengujian dan pengembangan platform baru ini, memperkuat komunitasnya dan memastikan bahwa platform tersebut memenuhi kebutuhan pengguna.

Peluncuran testnet publik dYdX di Cosmos adalah langkah besar menuju desentralisasi penuh dan peningkatan efisiensi. Meskipun masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum peluncuran mainnet, langkah ini menunjukkan komitmen dYdX untuk inovasi dan peningkatan layanan bagi pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: