Transformasi Revolusioner Sound.xyz: Mengubah Industri Musik dengan Teknologi Web3!

Transformasi Revolusioner Sound.xyz: Mengubah Industri Musik dengan Teknologi Web3!

Selama beberapa tahun terakhir, lanskap streaming musik terus berubah secara drastis. Dengan berkembangnya Musik Web3 yang membawa minat baru terhadap potensi teknologi blockchain, layanan dan platform Web3 menemukan kebutuhan untuk berevolusi — dan cepat.

Namun, tampaknya tidak ada yang lebih berupaya untuk mengomunikasikan janji musik yang ditokenkan kepada artis dan penggemar daripada Sound.

Sejak diluncurkan pada 2022 (menghasilkan pendapatan $5.5 juta untuk sekelompok kreator terpilih), Sound (sering disebut Sound.xyz) kini bertransformasi untuk membuat musik Web3 lebih interaktif dan mudah diakses.

Pada 12 Juli 2023, platform ini mengumumkan bahwa akan membuka layanan untuk publik, dengan alat-alat uniknya yang memberdayakan artis untuk menjual musik mereka langsung ke penggemar kini tersedia untuk semua orang.

Sound untuk Semua

Dengan langkah terbaru ini, premis fundamental Sound untuk merubah dinamika kekuatan dalam industri musik dan mengembalikan kontrol kepada artis ditampilkan sepenuhnya.

Baca Juga: Rangkul Avenged Sevenfold, Tikcketmaster Debutkan Fitur Pembelian Tiket NFT-gating

Konon diinspirasi oleh keberhasilan industri game, keinginan Sound untuk meniru model berbasis pengguna, memungkinkan musisi menentukan harga mereka dan memaksimalkan pendapatan per penggemar, berfungsi untuk misi platform membantu artis menghindari model pendapatan tradisional yang ditentukan oleh platform dan label.

“Sound dibangun untuk artis, dan kami telah merancang setiap bagian dari platform untuk mencerminkan itu,” kata David Greenstein, Co-Founder dan CEO Sound, dalam sebuah wawancara dengan nft now.

Sound Mengubah Industri Musik dengan Pendekatan NFT

nft marketplace tabi dan bnb chain
Sumber: Outlook India

Pendekatan unik Sound yang berpusat pada NFT telah memungkinkan artisnya mengumpulkan pendapatan setara dengan 1,6 miliar streaming — sebuah pencapaian yang kurang dari 100 lagu yang pernah capai di Spotify dan belum pernah dicapai di Apple Music.

Namun, misi perusahaan melampaui monetisasi musik; platform berambisi menjadi tujuan utama internet untuk penemuan musik.

Untuk memfasilitasi ini, Sound telah mengamankan $20 juta dalam putaran Seri A yang dipimpin oleh a16z crypto, dengan partisipasi dari kontributor terkemuka seperti Snoop Dogg, Ryan Tedder, dan Tay Keith.

Baca Juga: Resolusi 2023: Amerika Serikat Fokus Perketat Pengawasan Industri Crypto

Dengan ekonomi streaming tradisional yang gagal memuaskan sebagian besar artis, Sound menjanjikan sistem di mana artis menerima 100 persen pendapatan dan mempertahankan 100 persen hak master dan publishing.

Pendapatan ditransfer langsung ke dompet artis secara instan dan transparan, memberikan perubahan drastis dari industri musik tradisional, di mana royalti sering membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai akun artis.

Di era teknologi crypto dan blockchain, pendekatan Sound merepresentasikan masa depan untuk industri musik yang paling adil bagi artis.

Dengan memberi artis otoritas untuk menghasilkan uang dari seni mereka, memahami penggemar mereka, dan mempertahankan kontrol atas hasil kreatif mereka, Sound terus melakukan langkah besar menuju membawa musik Web3 ke arus utama.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: