Euroclear Luncurkan Layanan Penerbitan Sekuritas Digital dan Menyelesaikan Obligasi Bank Dunia

author:

Euroclear Luncurkan Layanan Penerbitan Sekuritas Digital dan Menyelesaikan Obligasi Bank Dunia

Euroclear, salah satu rumah penyelesaian sekuritas terbesar di dunia, baru saja meluncurkan layanan penerbitan sekuritas digital. Langkah ini merupakan bagian dari strategi infrastruktur digital mereka.

Tidak hanya itu, Euroclear juga berhasil menyelesaikan transaksi obligasi digital Bank Dunia senilai 100 juta euro atau setara dengan $106 juta.

Transaksi Obligasi Digital Pertama Euroclear

Obligasi digital yang dikenal sebagai catatan asli digital ini diterbitkan oleh Bank Dunia melalui International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Tujuan dari penerbitan obligasi ini adalah untuk mengumpulkan dana untuk pembangunan berkelanjutan. Obligasi ini terdaftar di Bursa Efek Luxembourg dan transaksinya selesai pada 23 Oktober 2023.

Lebih lanjut, layanan infrastruktur digital Euroclear terhubung dengan platform tradisionalnya untuk operasi sekunder dan mematuhi Peraturan Repositori Sekuritas Sentral Uni Eropa. Layanan ini beroperasi di teknologi blockchain R3’s Corda.

Baca juga: Nuant Menetapkan Standar Baru dalam Manajemen Aset Digital dengan MSCI Datonomy!

Peran Penting Citi dan TD Securities

Dalam transaksi ini, Citi Issuer Services bertindak sebagai agen penerbit dan pembayar, sementara TD Securities bertindak sebagai agen penerbit. Transaksi ini dilakukan di bawah hukum Inggris.

Menurut Anshula Kant, direktur manajer dan CFO Grup Bank Dunia, transaksi ini menunjukkan potensi besar dari aset digital dan teknologi blockchain dalam mempercepat proses penyelesaian transaksi.

Langkah Euroclear Mengikuti Jejak Pendahulunya

Euroclear bukanlah yang pertama dalam hal ini. Bank Dunia telah menerbitkan obligasi digital pertama di dunia pada tahun 2018. Hanya dalam tahun ini saja, obligasi digital telah diterbitkan di Hong Kong dalam dolar Hong Kong dan yuan Tiongkok.

Bursa Efek Luxembourg mendaftarkan obligasi digital pertamanya, yang dinominasikan dalam krona Swedia, pada bulan Juni.

Dengan peluncuran layanan penerbitan sekuritas digital ini, Euroclear membuka peluang baru dalam dunia keuangan. Melalui teknologi blockchain, proses penyelesaian transaksi menjadi lebih cepat dan transparan. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam evolusi pasar keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: