Euro Digital: Menjamin Privasi Lebih Baik Bagi Pengguna!

Euro Digital: Menjamin Privasi Lebih Baik Bagi Pengguna!

Bank Sentral Eropa (ECB) tengah bersiap untuk meluncurkan mata uang digital euro. Piero Cipollone, anggota dewan eksekutif ECB, meyakinkan bahwa euro digital akan memiliki privasi yang lebih baik daripada sistem pembayaran swasta. Dalam artikel ini, kita akan membahas fitur privasi euro digital, infrastruktur pengadaannya, dan standar operasionalnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fitur Privasi Euro Digital

Euro digital dirancang dengan mempertimbangkan privasi pengguna. Cipollone menegaskan bahwa euro digital akan menawarkan perlindungan privasi yang lebih unggul dibandingkan dengan solusi pembayaran komersial yang ada saat ini.

Untuk transaksi offline, euro digital akan memungkinkan pembayaran anonim, menjaga kerahasiaan transaksi mata uang. Untuk transaksi online, ECB hanya akan mengumpulkan pseudonymized data minimal yang diperlukan untuk penyelesaian dan tugas operasional lainnya.

Pendekatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan privasi pembayaran online, mengatasi kekhawatiran publik atas perlindungan data dalam transaksi digital. Pengguna akan memiliki kontrol lebih besar atas data mereka dibandingkan dengan sistem pembayaran swasta saat ini. Selain itu, euro digital akan dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan siber tingkat atas untuk melindungi data dan transaksi pengguna.

Baca Juga: Google Luncurkan Program AI Senilai 25 Juta Euro untuk Eropa!

Infrastruktur dan Pengadaan Euro Digital

ecb crypto
Sumber: Akun X ECB

ECB telah memulai pencarian penyedia infrastruktur untuk mata uang digital euro. Cipollone menekankan bahwa ECB bekerja sama dengan entitas yang berbasis di UE untuk pengadaan infrastruktur euro digital. Semua entitas ini terdaftar di UE dan dikendalikan oleh warga negara UE. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kepatuhan terhadap peraturan dan kemajuan teknologi.

Untuk menjaga stabilitas keuangan, ECB telah merancang beberapa langkah untuk mencegah euro digital bersaing dengan rekening tabungan tradisional. Langkah-langkah ini termasuk tidak adanya bunga untuk simpanan euro digital dan pembatasan akumulasi euro digital oleh perusahaan dan lembaga keuangan.

ECB juga berencana untuk memfasilitasi transaksi yang lancar dengan menghubungkan dompet CBDC dengan rekening bank, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pra-pendanaan dompet.

Kesimpulan

Euro digital dirancang untuk mencerminkan aksesibilitas dan keandalan uang tunai, sehingga mengurangi ketergantungan pada prosesor pembayaran global dan memastikan layanan yang seragam di seluruh zona euro. ECB berkomitmen untuk melindungi hak dasar setiap orang untuk melakukan pembayaran dalam situasi apa pun, terlepas dari pendapatan mereka. Euro digital merupakan langkah maju dalam dunia pembayaran digital yang aman, pribadi, dan stabil.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi