IBM Ungkap Rahasia Kunci Suksesnya dalam Implementasi Euro Digital!

IBM Ungkap Rahasia Kunci Suksesnya dalam Implementasi Euro Digital!

IBM baru-baru ini membagikan pandangannya tentang apa yang dibutuhkan untuk membuat euro digital menjadi sukses. Melalui sebuah postingan blog, IBM menyarankan lima poin penting yang harus diperhatikan oleh para perancang untuk membantu mata uang digital ECB bersaing di lanskap pembayaran Eurozone yang sangat kompetitif dan beragam.

Beberapa poin ini sudah ada dalam proposal legislatif Komisi Eropa (EC), namun masih ada ruang untuk pengembangan. Simak beirta lengkapnya berikut ini!

Kesederhanaan dan Kenyamanan adalah Kunci

Menurut IBM, kesederhanaan akan menjadi kunci untuk adopsi awal euro digital. “Kesederhanaan akan menjadi kunci untuk adopsi awal,” kata para penulis dari IBM.

Selain itu, kenyamanan juga memperkuat adopsi ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun di atas sistem pembayaran yang sudah ada dan dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga: Bakal Rilis Euro Digital, Menteri Keuangan Eurogroup Rilis Pernyataan Ini!

Peran Intermediary dalam Penerimaan Euro Digital

intermediary euro digital
Skema intermediasi yang mungkin untuk euro digital. Sumber: Digitale Perspektive

IBM percaya bahwa peran perantara akan sangat penting dalam penerimaan euro digital. “Kami melihat kebutuhan untuk ekosistem perantara yang lebih rinci,” ungkap IBM.

Mereka menyarankan agar ada lebih dari satu perantara antara pengguna ritel dan komponen euro digital ECB. Hal ini akan lebih mendukung perantara-perantara kecil dan memastikan bahwa mata uang digital dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga: Stefan Berger Pimpin Rencana Euro Digital Uni Eropa, Gimana Perkembangannya?

Pentingnya Standarisasi dan Privasi

IBM menekankan pentingnya standarisasi API untuk mempermudah integrasi dan mendorong kompetisi. Selain itu, IBM menyarankan agar garansi privasi offline yang kuat dari proposal EC diperluas ke aktivitas online untuk memastikan privasi transaksi dari end-to-end.

“Aturan privasi perlu diharmonisasikan dengan beberapa regulasi yang ada,” kata IBM, untuk memastikan bahwa pelaporan informasi bersifat terpisah dan tidak bocor.

IBM menyarankan pendekatan yang hati-hati namun pasti dalam implementasi euro digital. Mereka menyarankan untuk memulai dengan produk yang layak secara minimal untuk mempercepat waktu ke pasar dan sebuah “sandbox” untuk menangani kompleksitas lingkungan operasional euro digital di masa depan. Dengan memperhatikan poin ini, peluang sukses implementasi euro digital akan semakin besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: