Uang Digital Baru Spanyol: EURM, Stablecoin Berbasis Euro yang Siap Mengubah Transaksi Digital

Uang Digital Baru Spanyol: EURM, Stablecoin Berbasis Euro yang Siap Mengubah Transaksi Digital

Cryptocurrency dan stablecoin semakin populer di dunia, dan kini Spanyol menjadi negara terbaru yang ikut serta dalam tren ini. Bank of Spain, bank sentral Spanyol, baru-baru ini mengumumkan uji coba stablecoin baru yang didukung oleh euro, yang disebut EURM. Uji coba ini menandai langkah maju yang signifikan dalam upaya Spanyol untuk memodernisasi sistem pembayaran digitalnya dan memanfaatkan teknologi blockchain. Simak berita lengkapnya disini!

EURM: Sebuah Inovasi dalam Transaksi Digital

EURM adalah stablecoin yang didukung oleh euro, mata uang resmi Spanyol. Ini berarti bahwa setiap unit EURM didukung oleh satu euro yang disimpan di bank Spanyol. Hal ini memastikan bahwa nilai EURM tetap stabil dan tidak mengalami fluktuasi liar seperti cryptocurrency lainnya.

Uji coba EURM saat ini sedang berlangsung di bawah pengawasan Bank of Spain. Sejumlah pengguna terpilih dilibatkan dalam uji coba ini untuk menguji kemampuan transaksi EURM dan mengidentifikasi potensi masalah. Pengguna yang berpartisipasi dalam uji coba dapat mengirim dan menerima EURM, serta menukarkannya dengan euro kapan saja.

Baca Juga: Terungkap! Penurunan Drastis Stablecoin di Ethereum, Apa Dampaknya?

Manfaat EURM bagi Individu dan Bisnis

EURM menawarkan sejumlah manfaat bagi individu dan bisnis di Spanyol. Pertama, EURM menyediakan cara yang lebih aman dan efisien untuk melakukan transaksi digital. Blockchain yang mendasari EURM memastikan bahwa semua transaksi dicatat dengan aman dan tidak dapat diubah.

Kedua, EURM menawarkan biaya transaksi yang sangat rendah, yang membuatnya ideal untuk pembayaran kecil dan transaksi sehari-hari. Ketiga, EURM dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki akses ke ponsel, sehingga memudahkan transaksi bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank tradisional.

Baca Juga: Stablecoin Berbunga Pertama di AS, Terobosan atau Risiko?

Dukungan Pemerintah dan Potensi Masa Depan EURM

potensi eurm
Sumber: Cryptonews

Pemerintah Spanyol mendukung penuh pengembangan EURM dan melihatnya sebagai alat penting untuk memodernisasi sistem pembayaran negara tersebut. Kementerian Urusan Ekonomi dan Transformasi Digital Spanyol telah mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan Peraturan Pasar dalam Aset Kripto Uni Eropa enam bulan lebih cepat dari tenggat waktu yang ditentukan.

Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah Spanyol untuk mendukung inovasi fintech dan cryptocurrency. Bank of Spain juga telah mengumumkan program mata uang digital bank sentral (CBDC) grosirnya sendiri, dan ada kemungkinan EURM menjadi teknologi pilihan Bank of Spain. Program CBDC Spanyol independen dari proyek euro digital, yang akan mencakup semua ekonomi zona euro.

Kesimpulan

Uji coba EURM dan perkembangan yang lebih luas dalam lanskap mata uang digital Spanyol menandai langkah signifikan menuju penerapan teknologi keuangan inovatif di Spanyol. EURM memiliki potensi untuk merevolusi cara orang Spanyol melakukan transaksi digital, menawarkan keamanan, efisiensi, dan biaya rendah yang lebih baik. Dengan dukungan pemerintah dan Bank of Spain, EURM tampaknya siap untuk menjadi pemain utama dalam lanskap fintech Spanyol di tahun-tahun mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi