Ethiopia, Mesir dan Aljazair Bersaing Gabung dalam Blok Ekonomi BRICS!

Ethiopia, Mesir dan Aljazair Bersaing Gabung dalam Blok Ekonomi BRICS!

Ethiopia kini bergabung dengan Mesir dan Aljazair dalam mengajukan permohonan menjadi anggota blok ekonomi Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan (BRICS).

Menurut Kementerian Luar Negeri Ethiopia, bergabung dengan blok ini akan membantu negara tersebut menjamin kepentingan nasionalnya.

Melindungi Kepentingan Nasional Ethiopia

Ethiopia, yang memiliki salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Afrika, telah menjadi negara Afrika terbaru yang berusaha bergabung dengan blok ekonomi BRICS.

Negara di Afrika Timur Laut ini, yang telah berperang sengit melawan pemberontak Tigray, bergabung dengan Mesir dan Aljazair dalam usaha bergabung dengan BRICS.

Baca Juga: Bangladesh Berpotensi Gabung BRICS, Rumor Permintaan Resmi Menggema, Apa Dampaknya Bagi Crypto?

Menurut laporan di The East African, Kementerian Luar Negeri negara ini percaya bahwa bergabung dengan institusi global seperti BRICS akan membantu memajukan kepentingan nasional Ethiopia.

“Sebagai negara yang telah menjadi anggota pendiri institusi global seperti AU [African Union] dan PBB [Perserikatan Bangsa-Bangsa], dan saat kami berusaha menjamin kepentingan nasional kami, penting untuk bergabung dengan blok seperti BRICS,” kata kementerian itu.

Ethiopia Harap Kurangi Ketergantungan pada Dolar AS dengan Bergabung ke BRICS

Dolar AS Kehilangan Nilainya dalam 5 Tahun? Manajer Investasi Ini Rekomendasikan Bitcoin!
Seeking Alpha

Ethiopia, seperti mitranya Mesir, telah berjuang dengan kekurangan valuta asing dan telah melihat kesenjangan antara kurs resmi dan pasar paralel dari mata uangnya versus dolar AS melebar ke rekor tertinggi.

National Bank Ethiopia (NBE) telah mencoba mengatasi situasi ini dengan membatasi jumlah dolar AS yang dapat diambil penduduk di luar negeri.

Baca Juga: 41 Negara Siap Bergabung dengan BRICS: Ketakutan Dolar AS Meningkat!

Namun, dengan bergabung ke BRICS yang sedang merencanakan untuk meluncurkan mata uang cadangan alternatif, Ethiopia berharap dapat mengurangi ketergantungannya pada dolar AS.

Keinginan negara ini untuk bergabung dengan BRICS datang pada saat beberapa negara Afrika berusaha mengurangi pengaruh dolar AS dalam perdagangan antar-benua.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: