Ethiopia Berencana Bangun Pusat Penambangan Bitcoin dan AI Senilai $250 Juta

Ethiopia Berencana Bangun Pusat Penambangan Bitcoin dan AI Senilai $250 Juta

Ethiopia berencana membangun pusat penambangan Bitcoin dan pusat data AI senilai $250 juta, yang dipimpin oleh perusahaan penambangan Bitcoin Rusia, BitCluster. Proyek ini merupakan tonggak sejarah dalam perjalanan negara tersebut menuju integrasi teknologi mutakhir seperti Bitcoin dan kecerdasan buatan ke dalam infrastruktur ekonominya.

Ethiopia Memanfaatkan Energi Terbarukan untuk Menambang Bitcoin dan Mengembangkan AI

Bertujuan untuk menjadi pemimpin ekonomi digital global, Ethiopia memanfaatkan sumber energi terbarukannya untuk mendukung kemajuan penambangan Bitcoin dan pengembangan AI. Salah satu komponen dari inisiatif ambisius ini adalah Project Mano, sebuah rencana yang bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya energi terbarukan Ethiopia.

Baca Juga: 2 Aset Crypto Berbasis AI Meroket Seiring OpenAI Luncurkan Model AI Teks-to-Video

Tujuannya adalah untuk menjadi cetak biru untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam ekonomi Ethiopia. Inisiatif ini melibatkan pembangunan fasilitas seluas 120 megawatt dan 30.000 meter persegi di Addis Ababa, berdekatan dengan gardu induk tegangan tinggi Kilinto.

Lokasinya yang strategis memungkinkan pemanfaatan sumber daya energi terbarukan Ethiopia yang melimpah, terutama tenaga air dari Grand Ethiopian Renaissance Dam, proyek pembangkit listrik tenaga air terbesar di Afrika.

Investasi Ethiopia dalam Bitcoin dan AI Menarik Perhatian Global

saham bitcoin mining
Generated by AI

Investasi di Ethiopia ini sejalan dengan aspirasi negara yang lebih luas untuk menjadi pusat inovasi teknologi dan pembangunan berkelanjutan. Dengan memanfaatkan potensi energi terbarukannya, Ethiopia bertujuan untuk menarik perhatian dan investasi global di sektor teknologinya, menciptakan peluang baru untuk lapangan kerja, pertumbuhan, dan pembangunan.

Pemilihan Ethiopia sebagai lokasi investasi ini mencerminkan tren yang berkembang di antara para penambang Bitcoin untuk mencari lokasi yang menawarkan solusi energi yang hemat biaya dan berkelanjutan serta lingkungan peraturan yang ramah.

Seperti yang disoroti oleh proposal Project Mano, inisiatif Ethiopia untuk mengintegrasikan penambangan Bitcoin ke dalam ekonominya berpotensi menambah $2 hingga $4 miliar per tahun untuk PDB-nya. Langkah strategis ini dapat secara signifikan mendukung ekonomi negara, meningkatkan infrastruktur teknologinya, dan memposisikannya sebagai pemimpin dalam penambangan Bitcoin yang digerakkan oleh energi bersih.

Ethiopia Siap Merangkul Peluang Teknologi Blockchain dan AI

Perkembangan ini merupakan momen penting bagi Ethiopia, menandakan kesiapannya untuk merangkul peluang yang dihadirkan oleh teknologi blockchain dan AI. Saat proyek berlangsung, niscaya akan menarik perhatian global ke industri teknologi Ethiopia yang sedang berkembang pesat dan komitmennya terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inovatif.

Baca Juga: Validator Blockchain: Peran Penting dalam Menjaga Keamanan dan Integritas Jaringan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi