Pertemuan AI dan Blockchain: Etherscan Memanfaatkan Kekuatan OpenAI ChatGPT untuk Membuka Dunia Ethereum!

Pertemuan AI dan Blockchain: Etherscan Memanfaatkan Kekuatan OpenAI ChatGPT untuk Membuka Dunia Ethereum!

Perusahaan-perusahaan dalam ruang Web3 semakin berusaha menggabungkan kecerdasan buatan dengan teknologi terkait blockchain.

Pada 19 Juni 2023, Etherscan, block explorer Ethereum yang populer, mengambil langkah penting ke arah ini dengan mengumumkan integrasi ChatGPT OpenAI ke dalam paket alat mereka.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan interpretasi kode sumber Ethereum, hal yang oleh banyak orang dianggap sebagai langkah penting dalam demokratisasi teknologi blockchain.

Code Reader: Integrasi AI ke dalam Blockchain

Alat baru Etherscan yang sedang dalam tahap beta ini disebut Code Reader. Alat ini dirancang untuk memanfaatkan kemampuan AI dalam membantu pengguna mengambil dan memahami kode sumber dari alamat kontrak tertentu.

Baca Juga: Revolusi Etherscan dengan OpenAI, Tool Cerdas untuk Analisis Kode Smart Contract Ethereum!

Integrasi ChatGPT ke dalam platform Etherscan berpotensi memiliki dampak signifikan pada cara pengguna berinteraksi dengan blockchain Ethereum, memungkinkan pengguna yang tidak mahir dalam coding untuk menginterpretasikan informasi tentang kontrak dengan cepat dan mudah.

Tantangan Integrasi AI dan Blockchain

etherscan dan openai
Sumber: Bitcoin News

Namun, integrasi ini tidak lepas dari tantangannya. Code Reader Etherscan beroperasi di platformnya sendiri dan memerlukan kunci API OpenAI terpisah, yang berarti biaya tambahan di luar langganan ChatGPT Plus.

Lebih penting lagi, Etherscan telah mengeluarkan peringatan agar pengguna tidak menerima informasi yang disediakan oleh ChatGPT begitu saja.

Hal ini berasal dari masalah yang lebih luas yang ada di industri AI, yang dikenal sebagai “halusinasi,” di mana sistem AI menghasilkan informasi yang salah atau menyesatkan dengan meyakinkan.

OpenAI telah mengakui masalah ini dan dikabarkan sedang mengerjakan model pelatihan baru untuk meredamnya.

Baca Juga: Revolusi Blockchain, Etherscan Luncurkan Fitur ‘Advanced Filter’. Untuk Apa?

Integrasi ChatGPT Etherscan ini bukanlah pengecualian dalam lanskap Web3; pengembang platform blockchain lainnya, seperti Alchemy dan Solana Labs, juga telah meluncurkan alat berbasis ChatGPT mereka sendiri dalam beberapa bulan terakhir.

Perkembangan ini menunjukkan pertemuan yang semakin besar antara AI dan teknologi blockchain, sebuah konvergensi yang menjanjikan untuk membuka kemungkinan baru namun juga menimbulkan tantangan yang signifikan.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: