Etherscan Mengakuisisi Solscan: Langkah Strategis Memperluas Layanan Data Blockchain!

author:

Etherscan Mengakuisisi Solscan: Langkah Strategis Memperluas Layanan Data Blockchain!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, Etherscan, platform eksplorasi blockchain Ethereum yang terkenal, telah resmi mengakuisisi Solscan, eksplorator blockchain Solana yang terkemuka.

Langkah ini menandai era baru dalam penyediaan data blockchain lintas jaringan yang lebih luas dan mendalam.

Etherscan dan Solscan: Kolaborasi Strategis

Etherscan, yang dikenal luas sebagai eksplorator blockchain Ethereum, telah memulai tahun dengan akuisisi yang berkaitan dengan blockchain Solana. Pada 3 Januari 2023, Etherscan secara resmi mengumumkan akuisisi Solscan, sebuah eksplorator blockchain terdepan untuk ekosistem Solana.

Baca juga: Begini Jawaban Pendiri Solana Labs atas Kekhawatiran Komunitas Terhadap Keamanan Ekosistem!

Akuisisi ini dijelaskan sebagai “penggabungan kolaboratif” yang melanjutkan upaya Etherscan untuk memperluas layanan data blockchain lintas jaringan.

Solscan, didirikan pada tahun 2021, telah melayani lebih dari tiga juta pengguna bulanan, sementara komunitasnya di X (sebelumnya Twitter) telah mengumpulkan lebih dari 23.000 pelanggan. Eksplorator block Solscan memiliki banyak fitur yang familiar bagi pengguna Etherscan, termasuk data alamat, token, dan transaksi yang detail, serta API, dashboard, dan metadata NFT (Non-Fungible Token).

Integrasi Fitur dan Peningkatan Dukungan

etherscan akuisisi solscan

Setelah akuisisi, Etherscan berencana untuk mengintegrasikan fitur tambahan di berbagai eksplorator dan menawarkan dukungan yang ditingkatkan. CEO dan pendiri Etherscan, Matthew Tan, menekankan keahlian tim Solscan dalam menyediakan wawasan dan analitik yang detail. Keahlian mereka dalam membuat data blockchain dapat diakses dan ramah pengguna juga sejalan dengan misi Etherscan.

Pengembangan yang diantisipasi termasuk integrasi fitur tambahan, meningkatkan kemampuan eksplorasi dan analisis di kedua platform Etherscan dan Solscan. Ini termasuk peningkatan dalam antarmuka pengguna, navigasi, dan aksesibilitas secara keseluruhan.

Baca juga: Kini Worldcoin Terintegrasi dengan Shopify, Mercado Libre, Minecraft, Reddit, dan Telegram!

Dampak Akuisisi pada Ekosistem Solana

Akuisisi ini terjadi di tengah kenaikan signifikan harga Solana (SOL), mata uang crypto asli blockchain Solana. Pada 22 Desember 2023 lalu, kapitalisasi pasar Solana sempat melampaui Binance Chain’s BNB, hanya sehari setelah mengungguli nilai pasar XRP. Token tersebut telah rally 60% selama 30 hari terakhir, melonjak di atas $100 pada akhir 2023 untuk pertama kalinya sejak 2022.

Beberapa pengamat industri telah berspekulasi apakah mata uang kripto SOL bisa mengungguli Ether (ETH) suatu hari nanti. Solana dilaporkan secara singkat mengungguli Ethereum dalam hal volume perdagangan harian DEX (Decentralized Exchange) pada akhir Desember.

Secara keseluruhan, akuisisi Solscan oleh Etherscan merupakan langkah penting dalam memperluas layanan data blockchain dan meningkatkan pengalaman pengguna di kedua ekosistem.

Dengan integrasi fitur dan dukungan yang ditingkatkan, kedua platform ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam dan akses yang lebih mudah ke data blockchain, baik untuk Ethereum maupun Solana. Langkah ini menandai babak baru dalam evolusi layanan data blockchain, membuka peluang baru bagi pengembang dan pengguna di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: