Bitcoin Terpuruk, Ethereum dan XRP Mendominasi Pasar Crypto di Juli 2023

author:

Bitcoin Terpuruk, Ethereum dan XRP Mendominasi Pasar Crypto di Juli 2023

Juli telah menjadi bulan yang penuh gejolak bagi pasar crypto. Ethereum (ETH) dan Bitcoin (BTC) mengalami penurunan harga pasar mereka, sementara XRP Ripple melonjak setelah meraih kemenangan dalam gugatan SEC, berdasarkan data yang dibagikan oleh Santiment pada 31 Juli 2023. Simak lebih lanjut, yuk!

Harga Pasar Ethereum Naik 4,9%

peningkatan harga ethereum
Sumber: Twitter

Berdasarkan data yang dicuitkan oleh Santiment pada 1 Agustus 2023, meski harga Bitcoin (BTC) turun 5,5% dan Ethereum (ETH) turun 4,7%, Ethereum menunjukkan ketahanan, naik 4,9% terhadap Bitcoin sepanjang bulan lalu.

Lebih lanjut, diketahui bahwa terdapat lebih dari 80.000 alamat baru ETH yang dibuat pada akhir bulan Juli 2023.

Baca juga: Meski Harganya Tengah Menurun, Data Menunjukkan 63% Pemegang ETH Mengantongi Keuntungan!

XRP Menjadi Pemenang Bulan Juli 2023

Angka utilitas Ethereum (ETH) pada akhir Juli mengingatkan kita pada bulan Mei 2023, ketika dominasi harga Ethereum terhadap Bitcoin (BTC) lebih signifikan. Ini bisa menjadi indikator bahwa utilitas jaringan Ethereum yang kuat berperan dalam ketahanan pasar mereka.

Laporan Santiment juga mengungkapkan bahwa sebaliknya, XRP Ripple muncul sebagai salah satu pemenang terbesar bulan Juli, dengan menghasilkan return sebesar 42%. Kinerja positif ini sebagian besar disebabkan oleh putusan penting dalam gugatan SEC, yang menetapkan bahwa XRP bukanlah sekuritas. Keputusan yang tak terduga ini memicu aktivitas pembelian yang signifikan, meningkatkan XRP bahkan ketika aset crypto lainnya mengalami penurunan kapitalisasi pasar.

Namun, di sisi negatif, statistik Santiment menunjukkan jumlah transaksi whale yang sangat rendah, yang mengimplikasikan bahwa pemegang saham penting tidak tertarik untuk membeli saat harga turun. Kapitalisasi pasar Bitcoin telah terus menurun dan saat ini berada di sekitar titik harga $29,000.

Bagaimana Kondisi Pasar Saat Ini?

Suasana umum pasar crypto telah berubah dari “greed” menjadi “neutral”. Per 1 Agustus 2023, crypto yang paling populer di dunia, Bitcoin (BTC), diperdagangkan pada level yang lebih terbatas sebesar $29,500 setelah mencapai $31,000 pada 4 Juli 2023.

Baca juga: Bitcoin Siap Mengulang Pola Bull Flag? Harga BTC Sideways di $29.300!

Federal Reserve AS meningkatkan tingkat pinjaman acuan mereka sebesar 25 basis poin menjadi kisaran antara 5,25% dan 5,50%, seperti yang diantisipasi pasar, yang membantu mendukung Bitcoin (BTC) sedikit.

Namun, meski harga Bitcoin telah turun di bawah $30k, investor besar menunjukkan keengganan, mungkin menunjukkan keraguan tentang prospek pasar jangka pendek.

Pada akhirnya, meski Bitcoin mengalami penurunan, Ethereum dan XRP telah menunjukkan dominasi mereka di pasar crypto Juli 2023. Dengan berbagai dinamika dan perubahan yang terjadi, pasar crypto tetap menjadi arena yang menarik dan penuh tantangan bagi investor. Meski demikian, penting untuk selalu melakukan penelitian dan analisis yang cermat sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: