Volume Perdagangan Opsi Ethereum Pecahkan Rekor, Sinyal Bullish Mengintai?

author:

Volume Perdagangan Opsi Ethereum Pecahkan Rekor, Sinyal Bullish Mengintai?

Pasar crypto kembali dihebohkan dengan pencapaian fenomenal Ethereum yang mencatatkan volume perdagangan opsi tertinggi sepanjang masa.

Dengan angka yang mencengangkan, para pelaku pasar mulai berspekulasi tentang potensi bullish yang mungkin terjadi. Apakah ini pertanda pasar crypto akan memasuki fase kenaikan?

Volume Perdagangan Opsi Ethereum Mencapai Puncak

opsi ethereum melonjak
Sumber: The Block

Volume perdagangan opsi Ethereum telah mencapai angka yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu $17,9 miliar. Angka ini tercatat pada bulan Januari dan masih terus bertambah.

Baca juga: 5 Fakta Staking Ethereum 2.0 di Tahun 2024: Peluang Menguntungkan Menanti?

Peningkatan ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 2% dibandingkan dengan bulan Desember tahun lalu yang tercatat sebesar $17,7 miliar. Rasio put-call yang merupakan indikator sentimen pasar menunjukkan angka 0,31. Ini berarti bahwa untuk setiap 100 opsi call yang dibeli, hanya ada 31 opsi put yang terjual.

Hal ini mengindikasikan bahwa mayoritas pelaku pasar mengharapkan harga Ethereum akan terus meningkat atau setidaknya bertahan hingga tanggal kedaluwarsa opsi.

Sentimen Bullish dari Para Trader

bullish ethereum
Sumber: The Block

Lebih lanjut, data dari Deribit menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan bullish di kalangan trader crypto. Sebagai contoh, opsi call dengan tanggal kedaluwarsa 16 Februari pada harga strike $2.350 menjadi yang terbanyak dibeli. Hal ini menandakan ekspektasi pasar bahwa harga Ethereum akan melampaui level tersebut pada pertengahan Februari.

Selain itu, harga Ethereum sendiri telah mengalami kenaikan hampir 2% dalam 24 jam terakhir. Dengan harga yang diperdagangkan di $2.249 pada pukul 10:00 pagi ET, sentimen positif tampaknya masih menguasai pasar.

Baca juga: Penangguhan SEC atas ETF Ethereum BlackRock, Implikasi bagi Investor!

Perbandingan dengan Pasar Futures Ethereum

Sementara itu, pasar futures Ethereum menunjukkan dinamika yang berbeda. Terjadi penurunan sebesar 11% pada open interest sejak 17 Januari. Data dari Coinglass menunjukkan penurunan dari $8,7 miliar menjadi $7 miliar, yang bisa mengindikasikan penurunan volatilitas harga.

Penurunan volatilitas ini juga terlihat dari indikator Average True Range (ATR) dan Chaikin Volatility. Kedua indikator ini menunjukkan penurunan yang signifikan, mengindikasikan bahwa fluktuasi harga Ethereum menjadi kurang signifikan. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa pasar sedang menunggu trigger berikutnya sebelum menentukan arah yang jelas.

Dengan semua data yang ada, tampaknya pasar crypto khususnya Ethereum sedang menunjukkan sinyal-sinyal bullish. Namun, seperti biasa dalam dunia crypto, volatilitas tinggi selalu menjadi bagian dari permainan. Apakah kamu sudah siap untuk mengambil kesempatan ini atau akan menunggu sampai gambaran pasar menjadi lebih jelas?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: