Ethereum dan Tron Mendominasi Biaya Transaksi Selama 12 Bulan Terakhir!

author:

Ethereum dan Tron Mendominasi Biaya Transaksi Selama 12 Bulan Terakhir!

Dua blockchain telah mendominasi pasar dalam hal biaya transaksi di antara semua blockchain kontrak pintar dan Proof-of-Stake (PoS) selama dua belas bulan terakhir. Ethereum dan TRON, dua raksasa di dunia blockchain, telah mengambil bagian terbesar dari biaya transaksi.

Dominasi Dua Blockchain dalam Biaya Transaksi

dominasi ethereum dan tron
Sumber: Twitter

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di X (sebelumnya Twitter) pada tanggal 7 Oktober 2023, Coutts menguraikan aktivitas sekitar 200 smart contract dan blockchain bukti kepemilikan (PoS).

Berdasarkan analisis dari Jamie Coutts, analis crypto dari Bloomberg, Ethereum dan TRON bersama-sama menyumbang 88% dari total biaya transaksi. Dengan Ethereum memimpin dengan 57% dan TRON mengikuti dengan 31%.

Dari sekitar 200 blockchain kontrak pintar dan PoS, 88% dari semua biaya transaksi dalam setahun terakhir berasal dari kedua blockchain ini. Hal ini meninggalkan ruang yang sangat sedikit bagi blockchain lain untuk bersaing.

Baca juga: Pasokan ETH Naik 47 Juta dalam 30 Hari, Apa yang Bisa Diharapkan?

Tantangan yang Dihadapi oleh Blockchain PoS

Meskipun Ethereum dan TRON mendominasi, banyak blockchain PoS lainnya menghadapi tantangan signifikan. Beberapa hambatan utama yang dihadapi oleh mayoritas blockchain PoS termasuk kelebihan suplai blockspace, jadwal suplai yang inflasioner, indikator suplai yang tidak diungkapkan, dan tokenomics yang kurang memadai.

Namun, Coutts menegaskan bahwa permintaan blockspace berada dalam tren meningkat jangka panjang.

Rivalitas Biaya Transaksi Ethereum dan TRON pada 2023

transaksi harian tron meningkat
Sumber: Coincu News

Pada tahun 2023, Ethereum mencatat biaya transaksi rata-rata terendahnya, turun menjadi $1,15 per transaksi pada 24 September. Sementara itu, laporan Juli menunjukkan bahwa TRON hampir menggandakan aktivitas perdagangan Ethereum pada bulan Juni.

Meskipun demikian, pada paruh pertama 2023, Ethereum menghasilkan biaya transaksi sebesar $743 juta, sementara TRON menghasilkan $282 juta. Sebagai perbandingan, jaringan Bitcoin hanya menghasilkan $80 juta selama periode yang sama.

Pada akhirnya, dominasi Ethereum dan TRON dalam biaya transaksi menunjukkan kekuatan dan pengaruh kedua blockchain ini di pasar. Meskipun banyak blockchain lain yang berusaha bersaing, kedua raksasa ini terus memimpin dan menetapkan standar untuk industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: