Ethereum Terjun Bebas: Para Trader Lepas $109 Juta ETH, Apakah ETH akan Jatuh Hingga $3K?

author:

Ethereum Terjun Bebas: Para Trader Lepas $109 Juta ETH, Apakah ETH akan Jatuh Hingga $3K?

Jakarta, Pintu News – Dalam peristiwa yang mengejutkan pasar crypto, Ethereum mengalami koreksi harga yang signifikan hari ini (23/3/24), yakni merosot 3,60% pada saat penulisan, memicu aksi jual besar-besaran oleh para trader.

Dilansir dari Coingape (23/3), hampir 32.5K ETH, senilai $109 juta, telah dipindahkan ke bursa crypto dalam 24 jam terakhir, menimbulkan spekulasi tentang arah harga ETH selanjutnya.

Dengan sentimen pasar yang cenderung bearish sejak penurunan tajam setelah mencapai puncak $4K, Ethereum kini berada di bawah tekanan, dengan potensi penurunan di bawah $3K.

Gelombang Penjualan oleh Trader Jangka Panjang

Data dari SpotOnChain mengungkapkan bahwa tiga trader jangka panjang telah mendepositkan total 32.527 ETH ke bursa crypto dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Ethereum Dalam Sorotan SEC: Apakah Ini Akhir dari ETF Ethereum?

Salah satu trader, dengan alamat 0x213, mendepositkan 12.500 ETH ke Kraken, senilai $41.7 juta. Sementara itu, dua trader lainnya, 0x50b dan 0x435, mendepositkan 11.600 dan 8.427 ETH ke Binance, dengan total nilai $67.3 juta.

Aksi jual besar-besaran ini menimbulkan pertanyaan tentang persepsi para ‘whale’ terhadap koreksi harga saat ini, menunjukkan bahwa mereka mungkin mengantisipasi penurunan lebih lanjut sebelum mempertimbangkan untuk membeli kembali.

Penurunan Harga Ethereum

Pada hari ini, harga token Ethereum sempat mengalami penurunan sebesar 5.18% dalam 24 jam terakhir, dengan harga saat ini berada di $3.340. Penurunan ini mencerminkan sentimen bearish di pasar, dengan kapitalisasi pasar dan volume perdagangan 24 jam turun masing-masing sebesar 5.28% dan 2.12%.

Penurunan tingkat pendanaan berbobot OI (Open Interest) dan minat terbuka token menambahkan pandangan bearish terhadap ETH, menunjukkan kurangnya kepercayaan investor terhadap aset ini.

Selain itu, indikator teknis menunjukkan sentimen jual di pasar, dengan RSI di angka 45, menunjukkan bahwa aset ini tidak overbought maupun oversold.

Baca juga: Harga Bitcoin Melesu 2%, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (23/3)?

Potensi Penurunan di Bawah $3K

Analisis CoinGape Media menyoroti level support yang melemah dan area resistensi kritis untuk ETH, menandakan masa sulit bagi pergerakan harga kripto paling populer kedua di dunia ini.

Hal ini secara kolektif mengisyaratkan momentum menurun untuk ETH dalam jangka pendek, memicu spekulasi tentang potensi penurunan di bawah $3K.

Dengan peningkatan jumlah ETH yang dikirim ke bursa dan aksi jual besar-besaran oleh para trader, Ethereum menghadapi tantangan berat.

Apakah ini akan menjadi awal dari penurunan lebih dalam atau hanya hambatan sementara dalam tren bullish yang lebih besar, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate