Vitalik Buterin Bagikan Langkah Selanjutnya untuk Ethereum ‘The Purge’

author:

Vitalik Buterin Bagikan Langkah Selanjutnya untuk Ethereum ‘The Purge’

Jakarta, Pintu News – Dalam langkah berani menuju efisiensi dan keamanan yang lebih tinggi, Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, mengumumkan langkah selanjutnya dalam evolusi Ethereum: ‘The Purge’.

Inisiatif ini bertujuan untuk menyederhanakan protokol Ethereum dengan mengurangi beban pada operator node dan menghapus data jaringan yang lama dan berlebihan.

‘The Purge’: Langkah Menuju Kesederhanaan

‘The Purge’ merupakan bagian kunci dari transisi Ethereum yang bertujuan untuk mengurangi penyimpanan data historis dan mempermudah jaringan dari waktu ke waktu.

Roadmap Ethereum – Sumber: Vitalik Buterin

Baca juga: Vitalik Buterin Memberikan Pujian untuk Privasi Crypto Worldcoin

Selain mengurangi kebutuhan penyimpanan hard disk untuk operator node, tahap ini juga secara signifikan mengurangi utang teknis dari protokol Ethereum.

Buterin mencatat bahwa pengenalan Ethereum Improvement Proposal (EIP)-6780 selama hard fork Dencun telah mengeliminasi sebagian besar fungsi kode “SELFDESTRUCT”, yang menyederhanakan protokol dengan mengurangi kompleksitas dan menambahkan jaminan keamanan baru.

Peningkatan Desentralisasi Node dan Efisiensi Data

vitalik buterin the purge ethereum
Sumber: Crypto Economy

‘The Purge’ akan memperkenalkan kedaluwarsa sejarah melalui EIP-4444 untuk membatasi jumlah data historis yang disimpan. Akibatnya, node akan memiliki opsi untuk memangkas blok historis yang berusia lebih dari satu tahun.

Data historis hanya akan diperlukan ketika peer harus menyinkronkan dengan kepala rantai atau ketika secara khusus diminta.

Buterin mengatakan bahwa EIP-4444 dapat sangat meningkatkan desentralisasi node Ethereum.

“Potensialnya, jika setiap node menyimpan persentase kecil dari sejarah secara default, kita bahkan bisa memiliki sekitar jumlah salinan setiap bagian sejarah tertentu yang disimpan di seluruh jaringan seperti yang kita lakukan hari ini.”

Baca juga: Alamat Non-Nol Ethereum Capai All-Time High, akankah Harga ETH Melonjak ke $4.000?

Optimasi Kontrak Pra-kompilasi dan Struktur Data

Selain itu, ‘The Purge’ mencakup rencana untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan kontrak pra-kompilasi Ethereum dan memperkenalkan struktur data baru yang disebut SimpleSerialize (SSZ) untuk menggantikan struktur blok saat ini, menyederhanakan penggunaan data dan proses pengembangan.

Buterin juga menyoroti perlunya menyederhanakan solusi skalabilitas Layer 2 yang kompleks, menekankan bahwa jaringan Layer 1 harus memprioritaskan kesederhanaan untuk meminimalkan bug kritis dan vektor serangan.

Pendekatan ini menugaskan fitur yang lebih kompleks ke jaringan Layer 2, yang mengkhususkan diri dalam menyediakan solusi skalabilitas.

Secara keseluruhan, dengan ‘The Purge’, Ethereum berada di jalur untuk menjadi lebih efisien, aman, dan mudah diakses, menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi ekosistem blockchain.

Langkah ini menandai babak baru dalam evolusi Ethereum, menyoroti komitmen berkelanjutan terhadap inovasi dan peningkatan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate