Komunitas Ethereum Mengadopsi Standar Tokenisasi Baru ERC-3643, Simak Detailnya!

author:

Komunitas Ethereum Mengadopsi Standar Tokenisasi Baru ERC-3643, Simak Detailnya!

Inovasi terbaru dari komunitas Ethereum telah menggemparkan dunia crypto dengan adopsi standar ERC-3643. Standar ini membuka jalan bagi tokenisasi aset yang patuh regulasi, menjanjikan transparansi dan keamanan yang lebih tinggi.

Mari kita selami lebih dalam bagaimana standar ini akan mengubah landskap crypto dan investasi aset nyata.

Detail Standar ERC-3643

standar tokenisasi ethereum
Sumber: Tokeny

Standar ERC-3643 telah resmi diadopsi oleh komunitas Ethereum sebagai kerangka kerja untuk tokenisasi aset yang mematuhi regulasi. Standar ini membangun atas fondasi ERC-20 dengan menambahkan lapisan izin dan kepatuhan.

Baca juga: Terobosan Baru Dunia Crypto: SSV.Network Luncurkan Staking Ethereum Tanpa Izin!

Kamu akan menemukan bahwa standar ini memungkinkan verifikasi identitas pengguna dan kelayakan transaksi melalui kerangka kerja identitas mandiri yang berdaulat (SSI). Dengan adopsi standar ini, tokenisasi aset nyata seperti real estate, karya seni, dan hak kekayaan intelektual menjadi lebih terjangkau dan likuid.

Standar ini juga menetapkan batasan global pada token itu sendiri, seperti volume token harian dan jumlah maksimum pemegang token. Ini memastikan sirkulasi token yang terkontrol dan diatur.

Dampak pada Tokenisasi Aset

Tokenisasi aset diharapkan akan mengalami pertumbuhan eksponensial dengan adanya standar baru ini. Menurut perkiraan dari firma konsultan manajemen Roland Berger, pasar tokenisasi aset akan mencapai nilai $10 triliun pada tahun 2030. Ini merupakan lonjakan signifikan dari nilai saat ini yang berkisar $300 miliar.

Perusahaan besar seperti JPMorgan, Goldman Sachs, dan Societe Generale telah menunjukkan minat dalam teknologi ini. Dengan standar ERC-3643, perusahaan-perusahaan ini kini memiliki kerangka kerja yang disetujui untuk menerapkan tokenisasi aset nyata ke dalam blockchain. Ini membuka peluang bagi likuiditas yang lebih besar, penyelesaian yang lebih cepat, dan akses ke pasar yang lebih luas.

Baca juga: Dipatok Rp3,5 Juta, Casio Luncurkan Jam Tangan Virtual G-Shock sebagai NFT Ethereum!

Prospek Tokenisasi Aset di Masa Depan

aset tertokenisasi
Sumber: UnicSoft

Pengakuan resmi Ethereum terhadap standar ERC-3643 menandakan komitmen untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Ini juga menetapkan patokan bagi lembaga yang ingin mengimplementasikan kerangka kerja ini dalam proyek tokenisasi mereka.

Dengan standar ini, perusahaan dapat dengan aman menerapkan tokenisasi aset sambil memasukkan kontrol kepatuhan dan izin yang diperlukan. Melihat ke depan, para ahli memprediksi bahwa momentum di balik tokenisasi aset akan semakin meningkat.

Grup riset HSBC memperkirakan pasar aset yang ditokenisasi akan meningkat menjadi triliun dolar pada tahun 2030. Pemerintah dan dana investasi besar menunjukkan minat yang tumbuh dalam area ini, dan gelombang berikutnya dari tokenisasi kemungkinan akan melihat obligasi, saham, dan aset keuangan mainstream lainnya beralih ke model berbasis blockchain.

Melalui adopsi standar ERC-3643, Ethereum sekali lagi membuktikan dirinya sebagai pemimpin inovasi dalam dunia crypto. Standar ini tidak hanya meningkatkan keamanan dan kepatuhan dalam tokenisasi aset, tetapi juga membuka pintu bagi revolusi dalam cara kita berinvestasi dan mengelola aset nyata.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: