Ethereum Staking Kembali Diminati, Sinyal Positif untuk Pasar?

Ethereum Staking Kembali Diminati, Sinyal Positif untuk Pasar?

Ethereum (ETH) kembali menarik perhatian para investor setelah mengalami masa sulit pada Januari 2024. Jumlah validator yang mengantre untuk bergabung dengan ekosistem staking ETH mencapai level tertinggi sejak Oktober 2023, menandakan adanya optimisme di pasar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Antrean Staking ETH Capai Level Tertinggi Sejak Oktober

Jumlah validator yang menunggu kesempatan untuk mengunci Ether mereka dalam staking mencapai level tertinggi sejak akhir Oktober 2023. Ekosistem staking ETH semakin dekat untuk mencapai 1 juta validator, menurut data terbaru.

ethereum staking naik
Sumber: Akun X Adriano Feria

Metrik penting ini telah meningkat selama tiga hari berturut-turut, seperti yang dilaporkan oleh Adriano Feria, seorang penggemar blockchain dan AI. Pada Januari 2024, ekosistem staking ETH mengalami turbulensi terbesar sejak unstaking menjadi mungkin karena peningkatan Shapella diaktifkan di mainnet.

Pemberi pinjaman kripto besar, Celsius, memutuskan untuk mengakhiri stake ETH-nya sebagai bagian dari prosedur kebangkrutan dan memulai penarikan massal. Antrean keluar melonjak hingga 16.000 validator, yang setara dengan lebih dari $1,1 miliar ETH yang akan di-unstake. Namun, antrean keluar tersebut berhasil diselesaikan dengan cepat.

Baca Juga: 8 Tahun Tertidur, Whale Ethereum Ini Bangun dan Transfer 100 ETH Senilai $230.000!

CoinShares Berbagi Hasil Staking ETH dengan Klien ETP

Perusahaan investasi yang berfokus di Eropa, CoinShares, menawarkan hadiah staking tahunan sebesar 1,25% kepada klien dana mereka. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk menarik lebih banyak investor ke sektor crypto.

Investor dari CoinShares Physical Ethereum ETP yang terdaftar di Eropa akan mendapatkan hadiah staking sebesar 1,25% per tahun. Hadiah tersebut dibagikan melalui “penyesuaian ke atas pada hak koin” – jumlah aset dasar yang diperlukan untuk membuat dan menebus sekuritas, menurut kepala produk CoinShares, Townsend Lansing. CoinShares telah melakukan langkah serupa sebelumnya.

prediksi harga ethereum 2024
Sumber: Deutsche Bank

Pada Januari 2022, perusahaan memangkas biaya ETP Tezos dan Polkadot menjadi nol, dan menetapkan tingkat hadiah staking tahunan untuk produk tersebut masing-masing sebesar 3% dan 5%. Perusahaan menghapus biaya manajemen pada CoinShares Physical Ethereum ETP pada Februari 2023 – menjelang hard fork Shanghai – sebelum sekarang menambahkan hadiah staking setahun kemudian.

Perhitungan hadiah yang dilakukan oleh agen staking CoinShares memperhitungkan biaya manajemen nol serta “kompleksitas staking yang relevan, termasuk berapa banyak yang dapat dipertaruhkan pada satu waktu,” catat Lansing.

Baca Juga: Spot Ethereum ETF: Bakal Disetujui atau Ditolak?

Ethereum Devs Pertimbangkan Peningkatan “Eksistensial” pada EVM

Para pengembang Ethereum sedang mempertimbangkan peningkatan “eksistensial” pada Mesin Virtual Ethereum (EVM). Peningkatan ini bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan efisiensi jaringan Ethereum. Salah satu proposal yang sedang dipertimbangkan adalah “sharding”, yang akan membagi jaringan Ethereum menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, atau “shards”.

Sharding akan memungkinkan jaringan untuk memproses lebih banyak transaksi secara paralel, sehingga meningkatkan skalabilitas. Peningkatan lainnya yang sedang dipertimbangkan adalah “verkle trees”, yang akan meningkatkan keamanan jaringan Ethereum.

Verkle trees adalah struktur data yang memungkinkan untuk memverifikasi integritas data dengan cepat dan efisien. Peningkatan ini akan membuat jaringan Ethereum lebih tahan terhadap serangan.

Kesimpulan

Kembalinya minat terhadap staking ETH dan langkah CoinShares untuk berbagi hasil staking dengan klien ETP menunjukkan adanya optimisme di pasar crypto. Selain itu, pertimbangan peningkatan “eksistensial” pada EVM oleh para pengembang Ethereum menunjukkan komitmen mereka untuk terus mengembangkan dan meningkatkan jaringan Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi