Ethereum Staking Capai $116 Miliar: Gelombang Baru Sebelum Upgrade Dencun!

author:

Ethereum Staking Capai $116 Miliar: Gelombang Baru Sebelum Upgrade Dencun!

Dengan upgrade Dencun yang hanya tinggal seminggu lagi, jumlah Ethereum (ETH) yang di-stake di Beacon Chain kini mencapai nilai yang menakjubkan, sekitar $116 miliar.

Fenomena ini menandai titik balik penting dalam ekosistem Ethereum, menunjukkan kepercayaan dan komitmen yang semakin besar dari komunitas terhadap masa depan jaringan ini.

Peningkatan Staking Ethereum Menjelang Upgrade Dencun

staking ethereum
Sumber: Unsplash

Dilansir dari Decrypt, saat ini, ada lebih dari 31,5 juta ETH yang telah di-stake di lapisan konsensus proof-of-stake Ethereum, Beacon Chain, dengan total nilai mencapai $116 miliar.

Baca juga: Ethereum Melonjak ke $3.500, Siap Menyusul Bitcoin Menuju Ketinggian Baru!

Jumlah ETH yang di-stake di Beacon Chain hampir mencapai 26% dari total pasokannya, dengan lebih dari 980.000 stake validator individu terlibat.

Meningkatnya harga ETH (saat ini sekitar $3700) telah mendorong nilai total aset yang di-stake melebihi $116 miliar. Ini merupakan bagian yang signifikan dari kapitalisasi pasar ETH sebesar $440 miliar, menekankan jumlah keamanan ekonomi Ethereum.

Keamanan Ekonomi dan Potensi Serangan

Dalam jaringan proof-of-stake seperti Ethereum, yang beralih ke PoS dengan The Merge, keamanan ekonomi sangat penting. Untuk menyerang jaringan, misalnya dengan membalikkan transaksi atau melakukan serangan double-spend, entitas akan memerlukan setidaknya setengah dari total stake validator, atau $57 miliar. Jumlah ini mewakili hambatan keuangan yang signifikan, membuat serangan semacam itu secara ekonomi tidak praktis.

Lonjakan staking ETH dipengaruhi secara signifikan oleh upgrade Shapella pada April 2023, yang memungkinkan pengguna dan validator untuk menarik ether yang mereka stake, mengakibatkan masuknya lebih dari 11 juta ETH yang di-stake pasca-upgrade.

Baca juga: Bitcoin Catat All Time High Baru! Harga BTC Terbang Tinggi Melewati $69.000!

Solusi Staking Likuid dan Upgrade Dencun

Pengenalan solusi staking likuid seperti Lido dan Rocket Pool telah memfasilitasi staking dengan memungkinkan staking dalam jumlah kurang dari 32 ETH dan memungkinkan penggunaan aset yang di-stake sebagai kolateral di DeFi. Validator Lido Finance saat ini mewakili lebih dari 31% dari total ETH yang di-stake.

Upgrade Dencun diharapkan membawa perubahan signifikan untuk proses staking, termasuk EIP-7044 yang akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan hadiah atas ETH yang mereka stake tanpa harus menjadi validator penuh dan akan menyederhanakan proses unstaking ETH.

Dengan jumlah Ethereum yang di-stake terus meningkat dan upgrade Dencun yang akan datang, masa depan staking Ethereum tampak cerah.

Peningkatan ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan komunitas terhadap Ethereum tetapi juga memperkuat keamanan ekonomi jaringan. Seiring Ethereum terus berkembang, staking akan memainkan peran kunci dalam memastikan keberlanjutan dan keandalan jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: