Upgrade Ethereum Dencun Siap Hadir dengan Biaya Transaksi Lebih Rendah!

author:

Upgrade Ethereum Dencun Siap Hadir dengan Biaya Transaksi Lebih Rendah!

Ethereum Foundation dikabarkan sedang bersiap untuk upgrade jaringan berikutnya yang disebut “Dencun”, meskipun peluncuran Shapella baru saja dilakukan tiga minggu yang lalu.

Dengan rilis Dencun yang akan datang, ekosistem pengembangan Ethereum akan menerima peningkatan besar, karena jika semuanya berjalan sesuai rencana, upgrade ini akan mengurangi biaya transaksi dan memungkinkan penggunaan kasus baru.

Bahas lebih lanjut, yuk!

Apa Itu Upgrade Dencun?

Upgrade Ethereum Dencun akan menampilkan serangkaian Ethereum Improvement Proposals (EIPs) yang belum pasti. Secara singkat, Ethereum Improvement Proposals (EIPs) adalah usulan perubahan untuk jaringan Ethereum.

EIPs menjalani proses tinjauan oleh komunitas Ethereum, dan jika diterima, menjadi bagian dari kode jaringan. Mengutip Bein Crypto, usulan tersebut mencakup EIP-4844, EIP-6780, EIP-1153, dan EIP-6475.

Perubahan Besar dalam Dencun

Perubahan pertama dalam Dencun adalah EIP-4844, yang juga dikenal sebagai Proto-Danksharding atau The Surge. Usulan ini memperkenalkan “data blobs”, yang dapat digunakan oleh solusi Layer-2 untuk memposting data transaksi dan bukti, bukan CALLDATA.

Karena blobs tidak disimpan secara permanen di blockchain, biaya gas yang diharapkan akan jauh lebih rendah. Perubahan ini kemungkinan juga akan menurunkan biaya transaksi Layer-2 untuk pengguna secara signifikan, mungkin hingga sepuluh kali lipat.

Baca juga: Lampaui Ethereum, BNB Chain Unggul dengan 10 Juta Alamat Aktif Bulanan per April 2023!

Upgrade Masih Berlangsung

ethereum upgrade dencun
Ethereum Foundation Blog

Perubahan kedua dari upgrade ini adalah deaktivasi opcode SELFDESTRUCT dengan EIP-6780. Menurut laporan, usulan ini memungkinkan pembuatan dan penghapusan kontrak dalam satu transaksi.

Meski begitu, hal tersebut juga akan mempertahankan fungsionalitas SELFDESTRUCT. Namun, dalam semua kasus lain, opcode tidak akan menghapus penyimpanan atau kode kontrak.

Perubahan ketiga adalah EIP-1153, yang memperkenalkan dua opcode baru, TSTORE dan TLOAD. Menyediakan penyimpanan sementara yang dihapus pada akhir transaksi. Hal ini memungkinkan beberapa penggunaan kasus, mulai dari kunci re-entry hingga persetujuan ERC20 dalam satu transaksi.

Terakhir, EIP-6475: SSZ Optionals, adalah pendamping EIP-4844, yang mendefinisikan salah satu elemen SSZ yang merupakan bagian dari format transaksi 4844 (Optionals). Hal ini untuk memastikan bahwa format tersebut kompatibel dengan objek SSZ yang akan diperkenalkan ke Ethereum di masa depan.

Selain EIP yang secara resmi menjadi bagian dari upgrade, tim klien memiliki daftar pendek EIP yang mungkin masih bisa masuk. Di antaranya adalah EIP-2537: Precompile untuk operasi kurva BLS12-381, yang telah dipertimbangkan sejak 2019.

Meskipun Dencun merupakan langkah penting dalam pengembangan Ethereum, upgrade ini masih dalam proses. Modifikasi terhadap EIP kemungkinan akan terjadi seiring diskusi mengenai format SSZ jangka panjang terbaik untuk transaksi terus berlangsung.


Referensi: