4 Alasan Mengapa Harga Ethereum (ETH) Dapat Terus Melonjak dalam Waktu Dekat!

4 Alasan Mengapa Harga Ethereum (ETH) Dapat Terus Melonjak dalam Waktu Dekat!

Harga Ethereum (ETH) telah menunjukkan pergerakan yang fluktuatif dalam beberapa pekan terakhir. Setelah sempat menyentuh level $3.000 untuk pertama kalinya sejak musim semi 2022, ETH kini menghadapi potensi koreksi. Di sisi lain, beberapa analis melihat adanya peluang bagi ETH untuk melanjutkan kenaikannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas faktor-faktor yang dapat memengaruhi pergerakan harga ETH dalam waktu dekat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Indikasi Koreksi ETH

Pola Rising Wedge dan RSI Overbought

Grafik ETH/BTC 4 jam menunjukkan pola rising wedge, dengan level retracement Fibonacci 1,00 pada 0,06044 BTC. Kondisi ini, ditambah dengan indikator Relative Strength Index (RSI) yang menunjukkan overbought (di atas 70), mengindikasikan potensi koreksi.

Kombinasi pola rising wedge dan RSI overbought ini mirip dengan pola yang terjadi pada Januari 2024, yang diikuti oleh penurunan ETH/BTC sebesar 11,65%. Koreksi diperkirakan akan terjadi hingga level 0,786 Fib di 0,058 BTC.

Descending Triangle pada Grafik Mingguan

Pada grafik mingguan, ETH menunjukkan pola descending triangle, dengan resistance pada garis tren menurun multitahun dan 50-week exponential moving average (50-week EMA). Pola ini mengindikasikan potensi penurunan lebih lanjut hingga level 0,053 BTC pada bulan Maret.

Penurunan ETH dapat diperparah oleh berkurangnya kepemilikan ETH oleh para whale. Data menunjukkan bahwa jumlah ETH yang disimpan di bursa terus menurun, yang dapat mengurangi tekanan jual dalam jangka pendek.

Baca Juga: Euforia Ethereum: Lonjakan Harga dan Era Baru Teknologi Crypto

4 Peluang Kenaikan ETH

Meningkatnya Adopsi Self-Custody

eth netflow
Pasokan Ethereum dipegang oleh alamat dengan saldo 1K-100K ETH. Sumber: Glassnode

Salah satu faktor yang dapat mendorong kenaikan harga ETH adalah meningkatnya adopsi self-custody. Tren ini menunjukkan komitmen jangka panjang investor untuk menyimpan aset kripto mereka sendiri, yang dapat mengurangi tekanan jual dan mendorong inovasi dalam layanan self-custody.

Meningkatnya adopsi self-custody juga dapat menarik pengguna baru dan mendorong investor yang sudah ada untuk menambah eksposur mereka terhadap ETH.

Upgrade Ethereum yang Akan Datang

Faktor lain yang dapat mendorong kenaikan harga ETH adalah upgrade jaringan Ethereum yang akan datang. Upgrade Dencun, yang dijadwalkan pada bulan Maret, akan meningkatkan efisiensi, skalabilitas, dan keamanan blockchain Ethereum, membuatnya lebih kompetitif dengan jaringan lain seperti Solana.

Selain itu, integrasi Verkle Trees pada blockchain Ethereum juga sangat dinantikan. Verkle Trees diharapkan dapat mengurangi persyaratan ruang disk, meningkatkan fungsionalitas node staking, dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Baca Juga: Ethereum: Upgrade Dencun Sudah Dekat, Akankah Cukup Atasi Masalah Skalabilitas?

Potensi ETF Ethereum

prospek etf ethereum
Sumber: U Today

Persetujuan Securities and Exchange Commission (SEC) AS terhadap ETF Bitcoin spot baru-baru ini telah mendorong kenaikan harga BTC. Beberapa analis melihat potensi serupa untuk ETH, dengan kemungkinan persetujuan ETF Ethereum spot di masa mendatang.

Namun, perlu dicatat bahwa persetujuan ETF juga dapat memicu aksi “sell-the-news”, seperti yang terjadi setelah persetujuan ETF BTC. Oleh karena itu, investor harus tetap berhati-hati dan memantau perkembangan pasar dengan cermat.

Dampak Halving Bitcoin

bitcoin halving block
Bitcoin Halving Blok. Sumber: Deltec Bank

Terakhir, perlu diperhatikan bahwa halving Bitcoin berikutnya akan terjadi pada bulan April tahun ini. Halving adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali, di mana hadiah blok untuk penambang Bitcoin dipotong setengah. Hal ini dapat mengurangi pasokan BTC baru yang beredar, yang berpotensi mendorong kenaikan harga BTC dan berdampak positif pada pasar kripto secara keseluruhan.

Dalam hal ini, kenaikan harga BTC dapat berdampak positif pada ETH, karena kedua aset kripto tersebut memiliki korelasi yang kuat. Namun, investor harus tetap memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi pergerakan harga ETH.

Kesimpulan

Pergerakan harga Ethereum (ETH) dalam waktu dekat masih belum dapat dipastikan. Ada indikasi potensi koreksi, tetapi ada juga peluang bagi ETH untuk melanjutkan kenaikannya. Investor harus memantau perkembangan pasar dengan cermat dan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi pergerakan harga ETH sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi