Ethereum Siap Luncurkan Testnet Baru “Holesky”, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

author:

Ethereum Siap Luncurkan Testnet Baru “Holesky”, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Ethereum, salah satu blockchain terbesar di dunia, sedang mempersiapkan peluncuran testnet terbarunya yang diberi nama “Holesky”. Dengan Goerli testnet yang dijadwalkan untuk pensiun tahun depan, Holesky diharapkan menjadi platform pengujian utama bagi pengembang Ethereum.

Pengenalan Holesky dan Perbedaannya dengan Testnet Lainnya

Mengikuti tradisi Ethereum dalam memberi nama testnet berdasarkan stasiun kereta, nama Holesky berasal dari Nádraží Holešovice, sebuah stasiun metro di Praha.

Baca juga: Revolusi ETF Ethereum: SEC AS Siap Sahkan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan!

Goerli, yang diluncurkan pada 2019, telah menjadi lingkungan pengujian yang populer di kalangan pengembang Ethereum. Namun, dengan pensiunnya Goerli yang dijadwalkan pada Januari 2024, Ethereum Foundation telah mendorong pengembang untuk beralih ke Sepolia yang lebih baru.

Meskipun demikian, Holesky akan segera bergabung dengan keluarga testnet dan diharapkan lebih fokus pada pengembangan infrastruktur dan protokol, sementara Sepolia akan tetap menjadi tempat pengujian utama untuk aplikasi berbasis Ethereum.

Fitur Utama dari Holesky

fitur testnet ethereum holesky
Sumber: Coin68

Menurut informasi dari berbagai sumber, Holesky dijadwalkan untuk diluncurkan pada 15 September 2023. Testnet ini dirancang untuk mendukung pengembangan infrastruktur dan protokol, berbeda dengan Sepolia yang lebih fokus pada pengujian aplikasi.

Salah satu keuntungan utama dari testnet Ethereum adalah penggunaan mata uang paralel, bukan ETH Mainnet. Seperti Goerli yang menggunakan GoETH, Holesky akan memiliki pasokan tetap token testnet. Namun, dengan batas 1,6 miliar, pasokan ini jauh lebih besar daripada pasokan total ETH Mainnet yang saat ini berdiri sekitar 120 juta.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap ‘Backdoor’ di Solusi Skala Ethereum Layer-2!

Dampak dan Harapan untuk Masa Depan

Dengan peluncuran Holesky, pengembang Ethereum akan memiliki platform yang lebih kuat untuk menguji dan mengembangkan fitur baru, meningkatkan efisiensi dan keandalan jaringan.

Menurut dokumentasi, Holesky akan mendapatkan dukungan jangka panjang (LTS) hingga 2027 dan masa akhir layanan (EOL) hingga 2028, menunjukkan komitmen Ethereum untuk memastikan stabilitas dan dukungan berkelanjutan untuk testnet ini.

Pada akhirnya, dengan peluncuran Holesky yang semakin dekat, komunitas Ethereum menunggu dengan antisipasi untuk melihat bagaimana testnet baru ini akan membentuk masa depan pengembangan di jaringan. Ini menandai langkah penting lainnya dalam evolusi berkelanjutan Ethereum sebagai salah satu pemimpin dalam teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: