Ethereum Puncaki Peringkat ESG Institusional, Bagaimana dengan Bitcoin?

author:

Ethereum Puncaki Peringkat ESG Institusional, Bagaimana dengan Bitcoin?

Ethereum (ETH) baru-baru ini telah meraih posisi teratas dalam peringkat ESG (Environmental, Social, Governance) crypto tingkat institusional pertama oleh CCData, sementara Bitcoin (BTC) tidak masuk dalam 10 besar.

Ethereum, yang baru-baru ini beralih ke metode konsensus proof-of-stake yang mengurangi kebutuhan energinya secara drastis, memimpin peringkat, sementara Bitcoin, dengan metode konsensus proof-of-work-nya yang terkenal karena penggunaan energi yang besar, mendapatkan nilai “B”.

Ethereum Puncaki Peringkat ESG

Mengutip Watcher Guru (13/7/23), Ethereum (ETH) telah meraih posisi teratas dalam peringkat ESG (Environmental, Social, Governance) crypto tingkat institusional pertama oleh CCData.

Ethereum mendapatkan skor total 79, menjadikannya satu-satunya proyek crypto dengan peringkat “AA”. Sementara itu, Bitcoin (BTC) hanya mendapatkan skor 7 pada metrik lingkungan dan mendapatkan peringkat akhir “B” dengan skor total 58.

Baca juga: Ethereum Dorong Penggunaan Zero-Knowledge Proof di Tahun 2023!

Sumber: CCData

Mengikuti Ethereum (ETH), Solana (SOL), Cardano (ADA), Binance Coin (BNB), dan Aptos (APT) juga masuk ke dalam daftar. Namun, ETH adalah satu-satunya proyek crypto dengan nilai “AA”.

Dilansir dari Coindesk (13/7/23), Benchmark ESG mengevaluasi 40 aset digital terbesar dan paling likuid yang menilai parameter seperti desentralisasi, keamanan, dan dampak iklim. Lebih lanjut, tolok ukur ini mengukur risiko lingkungan, sosial, dan tata kelola serta peluang aset digital, dengan mempertimbangkan berbagai metrik termasuk desentralisasi, konsumsi energi, dan keterlibatan masyarakat.

Kemudian, poin untuk setiap metrik digabungkan dan diberi bobot untuk skor keseluruhan dengan nilai maksimum 100 poin, yang menghasilkan nilai akhir dari AA (terbaik) dan E (terburuk).

Menurut laporan CCData, perpindahan Ethereum ke metode konsensus proof-of-stake, yang secara drastis mengurangi kebutuhan energinya, adalah faktor yang membawa proyek ini ke posisi teratas. Sementara itu, metode konsensus proof-of-work Bitcoin terkenal karena penggunaan energi yang besar.

Peran Skor ESG dalam Adopsi Institusional

CCData menciptakan kerangka kerja penilaian baru yang berfokus pada crypto untuk memenuhi permintaan yang meningkat ini.

“ESG Benchmark adalah langkah pertama yang penting untuk meningkatkan ketahanan industri dalam menghadapi tantangan ESG dan kritik dari regulator, pembuat kebijakan, dan media, yang menganggap persyaratan ESG sebagai prioritas utama,” kata laporan tersebut.

Peran skor ESG semakin penting bagi institusi keuangan. Menurut PricewaterhouseCoopers (PwC), aset terkait ESG bisa mencapai $33,9 triliun pada 2026. Ini akan mewakili 1/5 dari semua investasi di seluruh dunia. Di AS, aset terkait ESG diharapkan mencapai $10,5 triliun pada 2026.

Baca juga: Ethereum Melonjak! Upgrade ‘Quantum Leap’ Starknet Resmi Diluncurkan

Menurut laporan PwC, 78% investor yang disurvei mengatakan mereka “akan membayar biaya yang lebih tinggi untuk dana ESG.” Sementara itu, 52% investor “bersedia memasukkan ESG ke dalam biaya yang terkait dengan kinerja.”

Lebih lanjut, laporan tersebut menyoroti bahwa ada konflik antara kewajiban fidusia manajer aset untuk memaksimalkan pengembalian finansial untuk klien dan kepedulian ESG. Namun, tiga perempat investor sekarang melihat ESG sebagai komponen dari kewajiban tersebut.

Dampak Skor ESG terhadap Adopsi Bitcoin dan Ethereum

eth dan btc
Sumber: NewsBTC

Mengingat data tersebut, sangat mungkin bahwa institusi akan mempertimbangkan skor ESG sebelum membeli aset. Dalam hal ini, adopsi Bitcoin (BTC) bisa mengalami penurunan di antara raksasa keuangan, sementara Ethereum (ETH) mungkin tidak menghadapi masalah seperti itu.

Pada akhirnya, Ethereum telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin dalam ruang crypto dari perspektif ESG, sementara Bitcoin masih berjuang dengan isu-isu lingkungan. Dengan semakin banyak institusi yang mempertimbangkan faktor ESG dalam keputusan investasi mereka, peringkat ini bisa memiliki dampak signifikan pada adopsi institusional crypto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: