Ini Cara Baru Lindungi Aset Crypto Kamu dari Serangan Siber!

Ini Cara Baru Lindungi Aset Crypto Kamu dari Serangan Siber!

Apakah kamu tahu bahwa aset crypto kamu sekarang lebih aman? Ethereum, sebagai salah satu jaringan blockchain terpopuler, baru saja memperbarui kerangka kerja kontrak pintarnya. Ini adalah langkah strategis untuk mengatasi kerentanan keamanan yang telah menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi investor crypto. Dengan pembaruan ini, kamu bisa bernapas lebih lega saat bertransaksi di dunia digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perbaruan Kerangka Kerja Smart Contract Ethereum

ethereum developer
Sumber: Coinmarketcap

Ethereum telah menjadi sasaran empuk bagi para penjahat siber, dengan kerugian akibat penipuan dan skema phishing mencapai jutaan dolar. Untuk mengatasi masalah ini, Enterprise Ethereum Alliance (EEA) mengambil langkah dengan membentuk EthTrust Security Levels Working Group.

Kelompok ini telah merilis EthTrust Security Levels Specification v1 yang menjadi panduan bagi pengembang dan organisasi dalam meninjau kode kontrak pintar. Namun, seiring dengan ditemukannya bug baru, EEA merilis Versi 2.0 dari spesifikasi tersebut.

Versi terbaru ini menangani masalah seperti bug pada kompiler Solidity dan serangan reentrancy yang hanya membaca data. Ini merupakan langkah penting dalam memastikan keamanan aset crypto kamu di jaringan Ethereum.

Baca Juga: Komunitas Ethereum Mengadopsi Standar Tokenisasi Baru ERC-3643, Simak Detailnya!

Adopsi Standar Industri yang Lebih Luas

Meskipun kerangka kerja EthTrust telah diterima dengan baik oleh firma keamanan seperti OpenZeppelin, masih ada tantangan dalam meningkatkan kesadaran dan adopsi standar ini. OpenZeppelin sendiri menggunakan kerangka kerja ini sebagai penilaian pra-audit untuk klien mereka.

Ini membantu klien memahami kebutuhan keamanan yang harus dipenuhi sebelum audit keamanan. EEA menyadari bahwa standar ini sangat berguna, terutama untuk proyek Ethereum yang baru dikembangkan.

Mereka juga sudah memulai pengembangan versi 3 dari spesifikasi EthTrust. Hal ini menunjukkan komitmen untuk terus memperbarui standar keamanan sesuai dengan perkembangan terbaru di industri crypto.

Baca Juga: Ethereum Menuju Puncak, Prediksi Mencengangkan Para Ahli untuk 2024!

Automasi Pengujian untuk Keamanan Maksimal

keamanan maksimal ethereum
Sumber: Crypto News

Meskipun standar industri sangat penting, John Wingate, pendiri dan CEO BankSocial, menekankan bahwa pengujian otomatis yang dapat diulang-ulang adalah kunci untuk memastikan aplikasi terdesentralisasi mematuhi praktik terbaik. Pengujian otomatis memungkinkan platform untuk melakukan pemeriksaan kode secara berkala.

Ketika diketahui ada bug pada kode sumber atau kompiler, alat otomasi dapat diperbarui untuk memindai eksploitasi tersebut. Pendekatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan memastikan bahwa aplikasi-aplikasi di Ethereum terlindungi dari serangan. Dengan demikian, aset crypto kamu akan lebih aman dari ancaman keamanan yang terus berkembang.

Dengan adanya pembaruan kerangka kerja kontrak pintar Ethereum dan pengembangan standar industri yang berkelanjutan, masa depan keamanan aset crypto tampak lebih cerah. Kamu sekarang dapat lebih tenang berinvestasi dan bertransaksi di Ethereum, berkat upaya yang tidak kenal lelah dari para ahli keamanan dan pengembang di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: