Harga Ethereum Merosot 6% Hari ini (2/4), Angka di Bawah $3.000 akan Jadi Kenyataan?

author:

Harga Ethereum Merosot 6% Hari ini (2/4), Angka di Bawah $3.000 akan Jadi Kenyataan?

Jakarta, Pintu News – Ethereum, mata uang kripto terbesar kedua di dunia, kembali menghadapi tekanan jual yang intens setelah sempat bangkit minggu lalu melewati $3.600.

Dalam dua hari terakhir, Ethereum berada di bawah kendali bearish, dengan harga turun di bawah $3.400 lagi. Pada hari ini (2/4/24), harga ETH tercatat merosot lebih dari 6% dalam waktu 24 jam terakhir.

Harga ETH Turun 6,23% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Dilansir laman Pintu market hari ini (2/4/24), harga ETH merosot 6,23% dalam waktu 24 jam. ETH sempat menyentuh harga tertingginya di Rp56.983.059 dan harga terendahnya di Rp53.084.662.

Menurut data dari CoinMarketCap, kapitalisasi pasar Ethereum juga mengalami koreksi 5,73% menjadi $401 miliar, dengan volume perdagangan yang menyentuh $18,3 miliar, mencatat adanya peningkatan sekitar 57,84% dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (2/4/24), Harga BNX Naik 25%

Analisis Harga Ethereum (ETH)

Dalam analisis yang diberikan oleh analis kripto Ali Martinez, kekhawatiran muncul karena Ethereum jatuh di bawah level support kritis $3.460.

Perkembangan ini menghadirkan tantangan bagi sentimen bullish di pasar, yang berpotensi membuka jalan untuk pergerakan turun lebih lanjut dalam harga Ethereum.

Dengan tidak adanya support yang kuat pada level ini, kemungkinan koreksi lanjutan pada lintasan harga Ethereum menuju $2,850 atau bahkan lebih rendah menjadi lebih jelas.

Dalam perkembangan pasar baru-baru ini, QCP Capital telah melaporkan aktivitas penting dalam 24 jam terakhir, terutama di arena perdagangan opsi untuk Ethereum (ETH). Minat yang meningkat telah diamati dalam menjual call dan memperoleh put untuk kedua mata uang kripto tersebut.

Lonjakan aktivitas perdagangan opsi ini telah mengakibatkan tekanan ke bawah pada harga spot ETH dan juga berkontribusi dalam mempertahankan tingkat volatilitas tersirat yang tinggi.

Baca juga: Vitalik Buterin Bagikan Langkah Selanjutnya untuk Ethereum ‘The Purge’

Secara khusus yang perlu diperhatikan adalah meningkatnya permintaan untuk put dibandingkan dengan call di front-end opsi Ethereum, yang menyebabkan kemiringan pembalikan risiko penurunan yang signifikan sebesar -5% pada bulan April.

Aksi Harga Ethereum ke Depan

Di sisi atas, resistensi langsung untuk Ethereum berada di sekitar $3.400, yang bertepatan dengan level retracement Fibonacci 23,6% dari pergerakan turun terbaru dari $3.654 ke $3.324.

Level resistensi signifikan berikutnya menunggu di sekitar $3.420, sejalan dengan garis tren dan rintangan berikutnya di $3.450.

Sumber: Trading View – Coingape

Lebih lanjut, resistensi diharapkan dekat $3.520, bersama dengan Simple Moving Average (SMA) 100 jam. Terobosan di atas level ini dapat membuka jalan bagi momentum bullish, dengan target potensial di penghalang $3.650.

Meskipun ada tantangan, indikator on-chain Ethereum menunjukkan kekuatan. Alamat Ethereum non-nol telah melonjak ke rekor tertinggi baru dalam beberapa minggu terakhir, menandakan pertumbuhan dan adopsi yang berkelanjutan.

Dengan tekanan jual yang meningkat dan dukungan kritis yang hilang, Ethereum menghadapi masa yang tidak pasti.

Namun, kekuatan indikator on-chain dan potensi pemulihan harga tetap menjadi titik terang bagi investor yang memantau perkembangan pasar dengan cermat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate