Ethereum Menggemparkan Dunia dengan Pembaruan Dencun di Testnet Sepolia!

author:

Ethereum Menggemparkan Dunia dengan Pembaruan Dencun di Testnet Sepolia!

Ethereum, salah satu platform blockchain terkemuka, baru-baru ini membuat gebrakan dengan berhasil menerapkan pembaruan Dencun di testnet Sepolia.

Pembaruan ini, yang mencakup fitur “proto-danksharding” yang sangat dinantikan, menjanjikan penurunan biaya transaksi dan peningkatan skalabilitas, membawa Ethereum satu langkah lebih dekat menuju implementasi di jaringan utama.

Proto-Danksharding: Revolusi Skalabilitas Ethereum

dencun sepolia testnet
Sumber: X

Baca juga: Vitalik Buterin Menyoroti Peluang dan Risiko dalam Penggabungan Crypto dan AI

Proto-danksharding, inti dari pembaruan Dencun, dirancang untuk mengurangi biaya transaksi di blockchain layer-2 serta membuat ketersediaan data lebih terjangkau.

Dengan memperkenalkan ruang terpisah baru untuk data yang dikenal sebagai “blobs,” pembaruan ini diharapkan menjadi elemen penting dalam peta jalan ekosistem Ethereum untuk mendukung pertumbuhan jaringan layer-2 yang semakin cepat.

Pembaruan Dencun di testnet Sepolia terjadi pada Kamis (1 Februari 2024) pukul 22:51 UTC dan selesai pada pukul 23:10 UTC. Sepolia adalah testnet kedua dari tiga testnet yang menjalankan simulasi Dencun, menandai langkah penting menuju aktivasi Dencun di blockchain utama Ethereum.

Dencun: Menuju Implementasi di Jaringan Utama

Setelah berhasil diterapkan di testnet Sepolia, Dencun dijadwalkan untuk diluncurkan di testnet Holesky terakhir pada 7 Februari 2024 mendatang.

Setelah itu, pengembang akan menetapkan tanggal untuk mengaktifkan Dencun di jaringan utama Ethereum.

Testnet memungkinkan pengembang untuk membuat perubahan pada protokol atau aplikasi terdesentralisasi dalam lingkungan berisiko rendah.

Dencun, yang awalnya diproyeksikan akan terjadi pada kuartal terakhir tahun 2023, akan menjadi pembaruan terbesar untuk Ethereum sejak pembaruan Shapella pada Maret 2023, yang memungkinkan penarikan ether (ETH) yang distaking.

Baca juga: Upgrade Ethereum Dencun Melepaskan Proto Danksharding di Goerli Testnet!

Antisipasi dan Harapan Komunitas Ethereum

Komunitas Ethereum dengan penuh antisipasi menunggu implementasi Dencun di jaringan utama, yang diharapkan dapat secara signifikan menurunkan biaya dan meningkatkan skalabilitas.

Salah satu fitur yang paling dinantikan dari Dencun adalah proto-danksharding, yang bertujuan untuk memperkenalkan mekanisme penyimpanan data baru yang lebih efisien, disebut “blobs.”

Pembaruan Dencun diharapkan tidak hanya akan mengurangi biaya gas tetapi juga meningkatkan skalabilitas dengan memperkenalkan transaksi yang membawa “blobs,” sebuah potongan data ekstra yang sangat besar (~125 kB) dan bisa jauh lebih murah daripada jumlah data serupa.

Dengan pembaruan Dencun, Ethereum bergerak maju menuju masa depan yang lebih skalabel dan efisien biaya, menjanjikan peningkatan signifikan bagi pengguna dan pengembang di ekosistem Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: