Harga ETH Diprediksi Tembus $4.000 Jika ETF Ethereum Disetujui, Simak Analisisnya!

author:

Harga ETH Diprediksi Tembus $4.000 Jika ETF Ethereum Disetujui, Simak Analisisnya!

Ethereum (ETH), mata uang digital terbesar kedua di dunia, diprediksi akan mengalami lonjakan harga yang signifikan dalam waktu dekat. Hal ini diungkapkan oleh Geoffrey Kendrick, kepala penelitian forex dan aset digital Standard Chartered Bank.

Menurut Kendrick, Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat kemungkinan besar akan menyetujui spot Ethereum exchange-traded funds (ETF) pada tanggal 23 Mei 2023. Jika disetujui, harga ETH diperkirakan akan melambung hingga $4.000.

Harga Ethereum Bisa Tembus $4.000

prediksi harga ethereum
Sumber: CryptoSlate

Kendrick memperkirakan harga ETH akan mencapai $4.000 jika SEC menyetujui ETF berbasis ETH. Prediksi ini didasarkan pada kinerja harga Bitcoin (BTC) menjelang persetujuan ETF BTC pada Januari 2024.

Baca juga: Ethereum Menggemparkan Dunia dengan Pembaruan Dencun di Testnet Sepolia!

Saat itu, harga BTC melonjak hingga mencapai titik tertinggi sepanjang masa di angka $68.000. Kendrick menilai bahwa pola yang sama dapat terjadi pada ETH, mengingat kedua aset crypto ini memiliki karakteristik yang mirip.

Selain itu, Kendrick juga melihat bahwa SEC tidak mengkategorikan ETH sebagai sekuritas dalam tindakan hukumnya terhadap perusahaan crypto. Hal ini meningkatkan kemungkinan SEC untuk menyetujui ETF ETH.

Apalagi, ETH telah terdaftar sebagai kontrak berjangka yang diatur di Chicago Mercantile Exchange (CME).

ETF Ethereum Diprediksi akan Disetujui pada 23 Mei 2024

Lebih lanjut, Kendrick memprediksi bahwa SEC akan menyetujui ETF ETH pada tanggal 23 Mei 2024. Tanggal tersebut merupakan batas waktu terakhir untuk persetujuan ETF ETH pertama yang sedang dipertimbangkan.

Sebelumnya, SEC telah menyetujui 10 ETF BTC pada tanggal 10 Januari 2024 setelah penolakan selama satu dekade. ETF BTC tersebut kemudian mulai diperdagangkan pada hari berikutnya dan terbukti sukses.

Kendrick juga memperkirakan bahwa ETF ETH yang disetujui pada awalnya hanya akan mencakup pergerakan harga ETH. Sementara itu, ETF ETH yang menyertakan hasil staking kemungkinan akan disetujui di kemudian hari.

Saat ini, sudah ada beberapa ETF ETH yang menyertakan hasil staking di Eropa, seperti 21Shares Ethereum Staking ETP (AETH). Namun, AETH memiliki biaya yang lebih tinggi daripada ETH, sehingga hasil staking diimbangi oleh biaya.

Baca juga: Ethereum (ETH) Membutuhkan 3 Faktor Penting Ini untuk Memicu Pertumbuhan!

Ethereum Bakal Makin Cuan

Kendrick secara umum optimis terhadap prospek crypto, terutama dalam hal tren harga. Sebelumnya, ia memperkirakan bahwa ETF BTC akan menarik aliran dana masuk sebesar $50-100 miliar pada tahun 2023. Akibatnya, harga BTC diperkirakan akan naik hingga $100.000 pada akhir tahun ini dan $200.000 pada akhir tahun 2025.

Kendrick juga menilai bahwa prediksi harga $100.000 masih dapat dicapai, didukung oleh aliran dana masuk yang stabil ke ETF BTC. Meskipun harga BTC sempat turun setelah persetujuan ETF BTC, namun kini telah pulih dan diperdagangkan di sekitar $43.540.

Kendrick berpendapat bahwa ETH tidak terlalu rentan terhadap aksi jual pasca-persetujuan seperti yang terjadi pada BTC. Hal ini disebabkan oleh pangsa pasar Grayscale Ethereum Trust yang lebih kecil dibandingkan dengan Grayscale Bitcoin Trust sebelum persetujuan ETF BTC.

Secara keseluruhan, persetujuan ETF ETH oleh SEC akan menjadi tonggak sejarah penting bagi industri crypto. Hal ini akan membuka peluang bagi investor untuk mendapatkan eksposur ke ETH tanpa harus membeli dan menyimpannya sendiri.

Jika prediksi Kendrick benar, maka harga ETH akan mengalami lonjakan yang signifikan dan memberikan keuntungan besar bagi para investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: