Ethereum: Menuju Tahun Terbesar dalam Sejarahnya di 2024

Ethereum: Menuju Tahun Terbesar dalam Sejarahnya di 2024

Tahun 2024 diperkirakan akan menjadi tahun terbesar dalam sejarah blockchain Ethereum. Selain kemungkinan disetujuinya exchange-traded fund (ETF) Ether (ETH) di Amerika Serikat, tahun ini juga akan menandai siklus bullish pertama jaringan sejak The Merge pada tahun 2022. Pembaruan ini membuat ETH deflasi selama periode penggunaan jaringan yang tinggi.

Tahun Terbesar Ethereum

Sejak The Merge, 0,2% dari pasokan Ether telah dibakar, dan jumlah ini akan meningkat lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang dengan meningkatnya penggunaan jaringan. Selain itu, pembaruan jaringan Ethereum berikutnya — Ethereum Improvement Proposal 4844 — dijadwalkan akan terjadi tahun ini.

Baca Juga: Emoji: Prediksi Akurat Perdagangan Crypto

Hal ini bertujuan untuk membuat seluruh ekosistem blockchain layer-2 (L2) yang dibangun di sekitar Ethereum hingga 10 kali lebih murah. Ini akan menjadi titik balik utama dalam siklus ini, dan akan membawa Ethereum dan layer-2 ke tahun terbesar dalam sejarah mereka.

Idenya sederhana: Tanpa L2, Ethereum tidak dapat diskalakan. Dan tanpa subrantai dan tim pengembang bisnis khusus, L2 tidak tumbuh dengan kecepatan yang mereka butuhkan.

AI dan Web3

vitalik buterin nft ethereum
Sumber: VOI

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, mengatakan bahwa kecerdasan buatan (AI) dapat membantu pengembang Ethereum mengidentifikasi bug dan membantu verifikasi kode. Buterin menulis dalam sebuah posting X pada hari Senin, “Salah satu aplikasi AI yang membuat saya bersemangat adalah verifikasi formal kode dan pencarian bug yang dibantu AI.

Saat ini, risiko teknis terbesar Ethereum mungkin adalah bug dalam kode, dan apa pun yang dapat mengubah permainan secara signifikan akan luar biasa.” Analis memperkirakan bahwa kombinasi inovasi dari AI dan web3 dapat menghasilkan munculnya subsektor mata uang crypto yang berkembang pesat pada tahun 2024.

Analis Nansen, Sandra Leow, menekankan pengembangan agen AI, bidang yang menggabungkan elemen AI dan web3. Leow mengatakan kepada The Block pada bulan Desember, “Kita dapat meramalkan dunia di mana agen AI menjadi kategori pengguna utama di blockchain, dan beberapa contohnya termasuk aplikasi manajemen verifikasi yang menggunakan teknologi pembelajaran tanpa pengetahuan seperti Modulus Labs.”

ETF Ethereum: Masih Jauh?

Spekulasi merebak di komunitas crypto mengenai potensi peluncuran ETF Ethereum pada bulan Maret. Di tengah hiruk-pikuk tersebut, James Seyffart, seorang analis riset terkenal di Bloomberg Intelligence yang berspesialisasi dalam ETF, meragukan kelayakan perkembangan tersebut.

Seyffart menepis rumor tersebut melalui media sosial, menegaskan sikap tegas bahwa kemungkinan ETF Ethereum terealisasi dalam kerangka waktu yang diperkirakan sangat kecil. Terlepas dari spekulasi yang berkembang mengenai masalah ini, Seyffart dengan yakin menyatakan skeptisisme, bahkan bertaruh 4 ETH terhadap kemungkinan peluncuran ETF Ethereum yang akan segera terjadi.

Penolakan publiknya muncul sebagai tanggapan atas meningkatnya daya tarik rumor di ruang crypto, dengan banyak orang yang menarik perhatiannya pada spekulasi tersebut.

Penutup

Meskipun Seyffart tetap ragu tentang peluncuran pada bulan Maret, ia menolak untuk memperpanjang skeptisismenya terhadap potensi ETF Ethereum pada akhir tahun 2024. Perkembangan terkini menunjukkan upaya berkelanjutan oleh lembaga keuangan untuk mendapatkan persetujuan peraturan untuk ETF Ethereum.

Meskipun pernyataan Seyffart mungkin mengecilkan hati sebagian orang, argumen tandingan terletak pada dorongan industri yang berkelanjutan.

Baca Juga: Polygon MATIC Kembali ke Harga $1, Tapi Bisakah Mempertahankannya Kali Ini?

Pengajuan yang direvisi dan aplikasi baru dari para pelaku mapan menggambarkan gambaran upaya yang berkelanjutan. Ini menunjukkan bahwa meskipun peluncuran pada bulan Maret tidak mungkin, momentum yang mendasari untuk ETF Ethereum tetap kuat, menjadikan kehadirannya pada tahun 2024 sebagai kemungkinan nyata.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi