Ethereum Siap Tembus $4.000? Investor Pindahkan $2 Miliar ke Penyimpanan Jangka Panjang

author:

Ethereum Siap Tembus $4.000? Investor Pindahkan $2 Miliar ke Penyimpanan Jangka Panjang

Di tengah gemuruh pasar crypto, Ethereum menorehkan prestasi memukau dengan lonjakan harga hingga $3.500 pada 29 Februari 2024, mengukir kenaikan bulanan fantastis sebesar 56%.

Tren pasokan di pasar menunjukkan potensi lonjakan lebih lanjut menuju $4.000 pada Maret 2024, menandai era baru bagi investor yang telah memindahkan aset senilai $2,1 miliar ke penyimpanan jangka panjang.

Pasokan Ethereum Menurun: $2,1 Miliar Ditransfer ke Penyimpanan Jangka Panjang

Dilansir dari Crypto News (29/2/24), investor Ethereum menunjukkan preferensi yang semakin kuat terhadap investasi jangka panjang dan penghasilan pasif dibandingkan dengan pengambilan keuntungan jangka pendek.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Harga Ethereum (ETH) Dapat Terus Melonjak dalam Waktu Dekat!

Hal ini terlihat dari penurunan signifikan dalam cadangan bursa, dari 14.433.873 ETH pada akhir Januari menjadi 13.770.551 ETH pada 29 Februari 2024, menandakan pemindahan $2,3 miliar ETH ke penyimpanan jangka panjang dan kontrak staking.

Cadangan Pertukaran Harga Ethereum (ETH) vs Harga – Sumber: CryptoQuant

Penurunan drastis dalam cadangan bursa ini mengurangi pasokan ETH yang tersedia untuk diperdagangkan di pasar spot. Ethereum, dengan berbagai peluang yield yang ditawarkannya, mungkin telah mendorong investor untuk menunda pengambilan keuntungan.

Dengan peningkatan permintaan terhadap derivatif staking likuiditas dan peningkatan throughput transaksi yang diharapkan dari upgrade Dencun pada 13 Maret, pasokan pasar ETH kemungkinan akan semakin menurun.

Permintaan Meningkat, Pengguna Baru Berdatangan

Performa harga dominan Ethereum pada Februari 2024 tidak hanya meningkatkan posisi pasarnya tetapi juga menarik 1,84 juta pengguna baru ke jaringan. Ini menunjukkan adopsi ritel global yang semakin dalam dan aliran modal segar ke ekosistem.

Alamat Pemegang Total Ethereum (ETH) vs Bitcoin (BTC) – Sumber: Santiment

Sebagai perbandingan, jaringan Bitcoin mengalami penurunan 70.000 alamat dompet pada Februari, menegaskan posisi terdepan Ethereum di pasar.

Permintaan yang tumbuh dari 1,84 juta alamat ETH baru, bersama dengan penurunan pasokan bursa sebesar $2,3 miliar, menunjukkan bahwa kekuatan pasar berada dalam posisi yang baik untuk mendorong harga Ethereum menuju $4.000 pada Maret 2024.

Meski begitu, sebelum mencapai target tersebut, Ethereum harus terlebih dahulu melewati resistensi besar di wilayah $3.550.

Baca juga: Ethereum Dencun Upgrade: Harga Token DeFi Layer 2 Meroket, Mantle (MNT) Melonjak 20%!

Hambatan dan Potensi Kenaikan

Prediksi harga Ethereum (ETH), Februari 2024 – Sumber: IntoTheBlock

Data global in/out of money dari IntoTheBlock, yang mengelompokkan semua pemegang ETH berdasarkan harga beli mereka, menunjukkan bahwa 1,2 juta alamat yang membeli 356.130 ETH di kisaran harga maksimum $3.543 dapat membentuk dinding penjualan resistensi yang menakutkan.

Namun, jika harga ETH dapat melewati hambatan ini, kenaikan harga dapat mengambil kecepatan dan menuju ke $4.000 seperti yang diprediksi.

Meski begitu kontrol pasar dapat kembali ke tangan para bear jika ETH kehilangan dukungan di $3.000. Meskipun demikian, ini tampaknya tidak mungkin mengingat dinding penjualan yang mengintai di area $3.100, di mana 2,1 juta investor yang membeli 1,1 juta ETH dengan harga rata-rata $3.090 dapat melakukan pembelian panik untuk menghindari posisi rugi bersih.

Secara keseluruhan, Ethereum terus menunjukkan kekuatannya di pasar crypto, dengan potensi untuk mencapai ketinggian baru di bulan Maret. Dengan dukungan kuat dari investor jangka panjang dan aliran pengguna baru, masa depan Ethereum tampak cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: