Harga Ethereum (ETH) Melonjak Tajam Hingga Rp34 Juta, Bagaimana Selanjutnya?

author:

Harga Ethereum (ETH) Melonjak Tajam Hingga Rp34 Juta, Bagaimana Selanjutnya?

Ethereum, salah satu aset crypto terbesar, baru-baru ini mencatatkan pencapaian penting dengan melampaui ambang $2,250 atau setara dengan Rp34 juta. Kenaikan ini bukan hanya sebuah peristiwa terisolasi, tetapi bagian dari tren bullish yang lebih luas di pasar crypto, di mana aset digital utama mengalami kenaikan signifikan.

Lonjakan Minat Terbuka Ethereum

Ethereum telah mencatatkan peningkatan minat terbuka yang signifikan, melampaui $8 miliar. Data dari Coinglass menunjukkan bahwa minat terbuka Ethereum terakhir kali mencapai tingkat ini pada November 2022. Kenaikan ini menandakan adanya ketakutan investor akan ketinggalan (FOMO), yang mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam tren naik aset ini.

Baca juga: Ethereum Cetak Sejarah, Pemakaian Energi Turun Drastis hingga 99%!

lonjakan minat ethereum
Sumber: Coinglass

Namun, Santiment, platform intelijen pasar, memperingatkan bahwa meskipun harga Ethereum mungkin terus naik, posisi leverage yang meningkat, yang didorong oleh keserakahan trader, memperkenalkan faktor risiko yang lebih tinggi ke pasar. Ini menggambarkan peringatan umum dalam trading: leverage yang lebih tinggi dapat menghasilkan keuntungan besar, tetapi juga meningkatkan potensi kerugian yang signifikan.

Tren Likuidasi di Pasar Ethereum

Tidak hanya itu, data dari Coinglass juga menunjukkan dinamika pasar yang menarik seputar Ethereum. Dalam sehari terakhir, Ethereum mengalami total likuidasi sebesar $33,55 juta (4/12/23). Dari jumlah ini, likuidasi posisi short mendominasi, dengan total $29,37 juta, sementara likuidasi posisi long sekitar $4,18 juta.

Angka-angka ini menunjukkan sentimen bullish yang berlaku di antara trader, dengan jumlah posisi short yang lebih besar terjepit karena kenaikan harga baru-baru ini. Ini menunjukkan bahwa pasar saat ini didominasi oleh optimisme dan kepercayaan investor terhadap Ethereum.

Baca juga: Jaringan Ethereum Menyumbang Lebih dari 90% dalam Pendapatan Layer 1 di Q3 Tahun Ini

Potensi Kenaikan Ethereum Lebih Lanjut

Dilansir dari Coingape (4/12/23), melihat tren saat ini, Ethereum menunjukkan banyak candle hijau dalam minggu sebelumnya. Mulai dari optimisme ETF Ethereum hingga pandangan Vitalik tentang perombakan model staking Ethereum, ETH telah mengalami banyak perkembangan. Saat ini, harga Ethereum diperdagangkan di sekitar $2,223,19, mencerminkan kenaikan yang mencolok sebesar 3% dalam 24 jam terakhir dan lonjakan impresif 10% selama minggu lalu.

Volume perdagangan 24 jam untuk ETH adalah $24,4 miliar yang substansial, menekankan aktivitas pasar yang kuat. Indikator Greed and Fear Index menunjukkan angka 76 poin, menandakan adanya rasa serakah yang dominan di antara investor. Ini menunjukkan bahwa sentimen pasar saat ini bullish, menunjukkan selera risiko yang berlaku.

Secara keseluruhan, kenaikan Ethereum ini menandai momen penting dalam evolusi pasar crypto. Dengan meningkatnya minat dan aktivitas pasar, Ethereum tampaknya memasuki fase baru pertumbuhan yang mungkin belum pernah terjadi sebelumnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: